Giliran Calon Wali Kota Nomor Urut 3 Diperiksa KPK

Malang, koranmemo.com – Pendalaman kasus dugaan suap P-APBD tahun 2015 Kota Malang masih terus berlanjut, Jumat (23/3), di Aula Polres Malang Kota. Beberapa saksi masih akan menjalani pemeriksaan oleh tum penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  Salah satunya, Sutiaji, Calon Wali Kota Malang nomor urut tiga yang menjabat sebagai wakil wali kota non aktif.

Pantauan koranmemo.com, beberapa saksi sudah terlihat masuk ke dalam Aula Polres Malang Kota yakni, Bambang Suharijadi, Sekretaris Dewan Kota Malang, Sutiaji, Sony Yudiarto, Anggota DPRD, Wasto, Sekda Kota Malang dan beberapa dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Sutiaji mengatakan, dia datang ke Aula Polres Malang Kota untuk memenuhi panggilan KPK. Dia mengaku diperiksa untuk menjadi saksi dari dua anggota DPRD yang sudah menjadi tersangka. “Saya datang untuk jadi saksi dari Sahrawi dan Zainuddin,” ujarnya singkat.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan 19 tersangka baru dalam kasus dugaan suap P-APBD tahun 2015 Kota Malang, Rabu (21/3).

Basaria Pandjaitan, Wakil Ketua KPK mengatakan, Dari 19 orang tersebut, 18 lainnya adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang. Sementara satu dari pihak eksekutif yakni Mochammad Anton, Wali Kota Malang periode 2013 – 2018. Sedangkan dari 18 pihak legeslatif ada salah satu anggota dewan yang turut maju dalam gelaran Pilkada Kota Malang 2018, yakni Yaqud Ananda Gudban yang merupakan anggota DPRD periode 2014-2019 dari Partai Hanura.

Dia menambahkan, Mochammad Anton diduga memberikan suap kepada Ketua DPRD dan anggota DPRD Malang periode 2014-2019 terkait pembahasan APBD-P. “Sedangkan, 18 anggota DPRD Malang diduga sebagai penerima,” ujarnya.

Kasus ini merupakan pengembangan dari penyidikan KPK sebelumnya. Dalam perkara sebelumnya, KPK telah memproses mantan Ketua DPRD Kota Malang Moch Arief Wicaksono hingga ke pengadilan. Arief disangka menerima Rp 700 juta dari Jarot Edy Sulistiyono selaku Kadis Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (PUPPB) Pemerintah Kota Malang pada 2015 terkait pembahasan APBD Perubahan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang Tahun Anggaran 2015.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya