Gerobak dan Tenda PKL Diangkut Satpol PP

Kediri, koranmemo.com – Petugas Satpol PP Kota Kediri melakukan penertiban kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sekitar GOR Jayabaya Kota Kediri, Jumat (14/6) siang. Puluhan Gerobak, tenda, dan lapak pedagang diangkut petugas ke kantor Satpol PP Kota Kediri.

Penertiban ini dilakukan, lantaran para pedagang tidak mengindahkan imbauan serta arahan dari petugas. Petugas memberikan pengumuman kepada pedagang untuk menjaga ketertiban dan kebersihan di lingkungan GOR Jayabaya. “Sudah ada penguman yang ditempel dan diberikan kepada para pedagang, tapi mereka tetap bandel,” ucap Kasi Trantibum Satpol PP Kota Kediri, Agus Dwi Ratmoko.

Para pedagang tersebut mulai mendirikan tenda, lapak, dan gerobak saat pasar murah selama bulan Ramadan. Padahal, dalam pengumuman yang diberikan, petugas memberikan lampiran uraian Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2014 tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima. Tidak hanya itu, petugas juga melampirkan Peraturan Walikota (Perlwali) Nomor 37 tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima.

Sementara itu, Kasi Penegak Produk Hukum Daerah (PPHD) Satpol PP Kota Kediri, Edy Santoso mengatakan, sejak sebelum bulan Ramadan, pihaknya memberikan sosialisasi serta pengarahan kepada pedagang di sekitar Gor Jayabaya. Pihaknya juga meminta kepada para pedagang supaya tidak meninggalkan Gerobak, lapak, maupun tenda.

Ia hanya meminta kepada para pedagang untuk menaati peraturan yang ada di Kota Kediri sehingga situasi tetap kondusif, baik dari segi ketentraman maupun ketertiban umum. Sebelum melakukan penertiban, petugas juga memberikan peringatan terakhir mengenai penertiban dengan larangan meninggalkan gerobak atau tempat usaha lainnya di lokasi.

Dari hasil penertiban tersebut, setidaknya petugas membawa 3 gerobak, dan beberapa tenda serta lapak dengan jumlah total mencapai sepuluh lapak. Bagi para pedagang yang akan mengambil gerobak atau tempat usaha mereka, petugas akan meminta pedagang untuk membuat surat pernyataan. Apabila dikemudian hari pedagang melakukan pelanggaran yang sama, akan diberikan sanksi yang lebih berat.

Setelah melakukan penertiban dan membawa tempat usaha milik pedagang, petugas juga melakukan koordinasi dengan paguyuban PKL Kota Kediri. Dengan harapan, para pedagang lebih disiplin dan memperhatikan peraturan yang berlaku. Para pedagang ini bukan pedagang baru, beberapa sudah melakukan aktivitas jual beli dalam kurun waktu yang cukup lama.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date