Gerebek Rumah Pembuat Petasan

Kediri, koranmemo.com – Unit Reskrim Polsek Gurah melakukan penggerebekan rumah Fendik Sutoyo (26). Hal ini lantaran rumah yang beralamatkan di Desa Adan Adan, Kecamatan Gurah ini memproduksi petasan. Dari hasil penggererebekan polisi mengamankan bahan bubuk petasan dan perlengkapan membuat mercon lainnya.

Kapolsek Gurah AKP Sulistyo mengungkapkan pelaku diamankan di rumahnya. Pada hari Senin (27/5) sekira pukul 15.00 Wib, petugas mendapat informasi bahwa di Desa Adan-adan Kecamatan Gurah ada seseorang yang membuat petasan.

Hampir setiap hari pelaku menyalakan petasn buatannya untuk uji coba. Petasan yang dibuatnya pun dengan ukuran diameter 10 cm hingga 20 cm. Hal tersebut membuat warga sekitar resah dan melaporkan ke Polsek Gurah. Petugas Polsek Gurah akhirnya melakukan penggeledahan dan melakukan penangkapan terhadap Fendik.

“Di dalam rumah saudara Fendik Sutoyo di temukan banyak petasan dalam ukuran besar. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti di bawa ke Polsek untuk proses lebih lanjutnya,” ungkap AKP Sulistyo

Dari penangkapan tersangka polisi mengamankan beberapa barang bukti, diantaranya dua ons bubuk mercon, 17 lembar kertas yang sudah digunting. Selain itu juga diamankan satu lem G, satu buah lem kertas, satu bambu kecil ukuran 40 cm, 2 bambu kecil ukurab 35 cm dan 9 sumbu mercon. “Kita juga mengamankan 26 buah petasan yang sudah dibentuk gulungan dengan berbagai ukuran,” tegasnya

Diungkapkan, saat ini tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolsek Gurah untuk pemeriksaan lebih lanjut. Akibat dari perbuatannya pelaku terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara lantaran terjerat undang undang darurat No. 12 tahun 1951.

“Pelaku mengaku membuat mercon ini untuk dinyalakan pada malam takbir hari raya mendatang. Pelaku membeli dengan harga Rp 500.000 per 500 gram,” tegasnya.

Reporter Nuramid Hasyim

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date