Gerebek Pesta Sabu, Tiga Pria Diringkus

Jombang, koranmemo.com – Aparat Satresnarkoba Polres Jombang menggerebek pesta sabu-sabu di rumah yang ada di Jalan Pakubuwono RT 03/RW 02 Desa Mojongapit Kecamatan Jombang, Rabu (30/10) sekitar pukul 19.00 WIB. Dalam penggerebekan ini, petugas meringkus tiga orang pria beserta sejumlah barang buktinya.

Mereka terdiri dari, AR (26), pemilik rumah, MB (20), warga RT 09/RW 03 Dusun Pagotan Desa Keplaksari Kecamatan Peterongan, dan SH (27), warga RT 03/RW 05 Dusun Penjalinan Desa Dukuhklopo Kecamatan Peterongan.

“Jadi pesta sabu ini digelar di rumah tersangka AR,” kata Kasat Resnarkoba Polres Jombang, AKP Moch. Mukid, saat dikonfirmasi Koran Memo, Jumat (1/11) sore.

Mukid menjelaskan, penggerebekan terhadap pesta sabu ini bermula dari laporan warga, yang curiga dengan aktivitas di salah satu rumah di Jalan Pakubuwono.

Berangkat dari informasi tersebut, petugas turun tangan melakukan penyelidikan. Hasil penyelidikan, aktivitas mencurigakan ternyata ada di rumah milik AR, yang merupakan TO bandar sabu-sabu.

“Kita memutuskan melakukan penggerebekan Rabu (30/10) malam, dan meringkus ketiga tersangka yang sedang pesta sabu,” ujar Mukid.

Sementara itu, selain membekuk ketiganya, petugas juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain sabu-sabu dengan berat kotor total 5,41 gram, yang terbagi dalam beberapa kemasan.

Kemudian seperangkat alat hisap sabu atau bong, dua pipet kaca yang diduga masih terdapat sisa sabu habis pakai, 6 potong sedotan plastik sebagai scrop, 3 korek api gas yang difungsikan sebagai kompor, 2 rol isolasi kecil warna merah, satu gunting kecil, satu timbangan elektrik, dua buah HP berikut kartu sim-nya, 4 pak plastik klip, 2 pak sedotan plastik dan uang tunai Rp 680 ribu.

“Dari pengakuan AR, sabu-sabu didapatkan dari wilayah Mojokerto dengan sistem ranjau. Dia sudah 4 bulan ini menjadi bandar sabu,” ungkap Mukid.

Selanjutnya, ketiga tersangka berikut barang bukti yang disita, dibawa ke Mapolres Jombang untuk proses hukum selanjutnya.

“Perkara ini masih kami kembangkan. Ketiga tersangka kami jerat Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1) Jo Pasal 127 ayat (1) Undang-undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” pungkas Mukid.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date