Gerakan 2 Juta Masker Libatkan Puluhan UMKM

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten Nganjuk terus menggencarkan gerakan 2 juta masker bertema Nganjuk Nyawiji, sehat, aman dan merdeka dari Covid-19.

Program ini memberdayakan puluhan UMKM yang bergerak di bidang kerajinan, tata busana, dan yang berkaitan dengan produsen masker kain.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk, Heny Rochtanti mengungkapkan, tujuan paling utama dari program ini adalah membantu pemberdayaan UMKM di Kabupaten Nganjuk. Dia berpendapat, selama ini hasil produksi dari UMKM di wilayahnya terbukti memiliki kualitas baik.

“Hasil produksi UMKM Nganjuk berkualitas baik, tidak kalah dengan daerah lain,” ungkapnya kepada Koran Memo, Jumat (14/8).

Bukan hanya karena produknya berkualitas baik, Heny menyebut pemberdayaan UMKM Nganjuk sebagai produsen dalam gerakan 2 juta masker juga bertujuan mendongkrak perputaran roda ekonomi.

“Pemberdayaan pelaku UMKM dalam program ini diharapkan membuat perputaran ekonomi berjalan lebih baik,”  katanya.

Anik (45), pelaku UMKM Kerajinan Tangan Bima Tas Kertosono, mengatakan saat pertama kali mendengar ada gerakan 2 juta masker dan melibatkan UMKM sebagai produsen masker kain, dia segera mendaftarkan diri untuk terlibat menjadi produsen dalam penggalangan masker. Anik mengaku usahanya terbantu dengan adanya gerakan 2 juta masker.

Hal serupa juga dilakukan oleh UMKM Desa Sugihwaras Kecamatan Bagor. Dengan cap sablon ‘Bangga Buatan Indonesia’ mereka memproduksi ribuan masker bermodel skuba.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi di Pasar Tradisonal di Madiun 

Baca Juga: Bupati Nganjuk Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI

“Kami buat 6.000 masker untuk bantu pemerintah,” ujar pengrajin masker yang sedang sibuk menggunting pinggiran masker supaya terlihat rapi.

Tidak hanya di kedua titik tersebut, beberapa daerah di Kabupaten Nganjuk sudah melakukan hal serupa guna membantu program pemerintah. Gerakan 2 juta masker merupakan gambaran gotong royong perjuangan masyarakat dan pemerintah untuk menggalang masker, dan memakai masker guna memerdekakan diri, terhindar, dan sembuh dari Covid-19.

Reporter: Inna/Andik Sukaca

Editor: Della Cahaya