Tekan Penyebaran Covid-19, Gencar Lakukan Swab Massal 

Share this :

Lamongan, koranmemo.com – Penyebaran Covid-19 masih terus terjadi di Indonesia. Kondisi tersebut tentu membuat pemerintah Lamongan berupaya menekan penyebaran serta perkembangan covid-19 di kota tersebut.

Salah satunya dengan cara tes swab secara massal di wilayah yang tingkat penularannya tinggi. Hal itu seperti dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Taufik Hidayat melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr. Abdullah Wasi’an.

Menurutnya, hingga saat ini Kabupaten Lamongan kembali masuk dalam zona orange, meningkat 1 level dibandingkan pekan kemarin yang sempat berada dalam zona kuning. Untuk itu pihaknya bersama Pemerintah Daerah Lamongan terus berupaya agar penyebaran dan perkembangan covid-19 di Kabupaten Lamongan dapat ditekan semaksimal mungkin.

“Kita kembali ke zona orange karena memang ada kenaikan jumlah suspect covid-19, untuk itulah kita harus mengambil sikap agar penyebaran dan perkembangan covid-19 di Lamongan dapat diminimalisir,” kata dr. Wasi’an kepada saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/9).

Untuk memaksimalkan usaha tersebut, pihaknya juga akan melakukan skrining covid-19 dengan SWAB PCR kepada masyarakat yang dilanjutkan dengan kegiatan tracing kontak erat dan isolasi bagi yang hasilnya positif,  bukan skrining menggunakan rapid test.

Baca Juga: Pemotor Melintas di Jalan Tol Jomo

Dia menambahkan,kegiatan tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai kampanye menyadarkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga harapannya dapat memutus rantai penyebaran covid-19.

“Tracing dan skrining telah dilaksanakan sejak sabtu kemarin dan pelaksanaannya dipantau langsung oleh Bupati dan Forkopimda Kabupaten Lamongan. Hasilnya sudah ada beberapa yang positif, mungkin dalam 1 bulan kedepan Lamongan akan terus berada dalam zona orange. Hari ini masih juga dilakukan swab di pasar babat,” ungkapnya.

Baca Juga: Forkopimda Kota Malang Perketat Disiplin Bermasker

Kegiatan swab massal dan tracing kepada kontak erat bertujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Harapannya ke depan semoga Lamongan kembali ke zona kuning dan terus melaju ke zona hijau agar kita dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tutupnya.

Reporter: Fariz Fahyu

Editor: Della Cahaya