Geliat Sektor Wisata Kab. Kediri Dongkrak Perekonomian Warga

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Berkembangnya sektor pariwisata di Kabupaten Kediri mulai dapat dirasakan dampaknya terutama dalam hal perkembangan sektor perekonomian. Setelah meningkatnya roda perekonomian masyarakat di kawasan wisata Margomulyo di Gunung Kelud,  hadirnya Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) sebagai destinasi wisata baru serta tempat diselenggarakannya berbagai event besar di Kabupaten Kediri juga membawa dampak perekonomian yang sangat luar biasa terutama untuk wilayah-wilayah yang lokasinya berada tidak jauh dari berdirinya Arc De Triomphe –nya Kediri ini.

Menjamurnya rumah makan di sepanjang Jl Soekarno-Hatta dan Jl Erlangga tidak lain juga karena hadirnya SLG yang selalu menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kediri.

Plt Kepala Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setiawan mengatakan, pengembangan sektor pariwisata yang dilakukan oleh Pemkab Kediri diharapkan dapat memberikan multiplier effect terhadap sektor lain terutama perkembangan perekonomian masyarakat.

“Salah satu yang terlihat adalah hasil petani nanas di Sugihwaras ngancar sekarang sebagian besar dapat dijual kepada wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Margomulyo di Gunung Kelud,” tandasnya.

Jalan Soekarno Hatta dan Jl Erlangga ini menjadi salah satu jalan yang dilalui bila ingin ke SLG yang merupakan ikon Kabupaten Kediri. Di sepanjang jalan tersebut banyak sekali restoran dan kafe yang menyediakan masakan beraneka ragam. Bak jamur tumbuh di musim hujan, begitu kira-kira kalau diibaratkan hadirnya rumah makan di Jl Soekarno Hatta dan Jl Erlangga belakangan ini.

Meski rumah makan di sepanjang Soekarno Hatta dan Jl Erlangga itu menjamur namun tidak pernah sepi bahkan selalu ramai dikunjungi baik siang ataupun malam hari. Maklum karena masing-masing rumah makan tersebut memiliki khas sendiri-sendiri. Boleh dibilang di Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Erlangga Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri ini merupakan pusat wisata kuliner.

Selain sebagai pusat kuliner, di Jl Soekarno Hatta ini juga merupakan pusat Pemerintahan Kabupaten Kediri. Selain itu di sisi barat pusat Pemerintahan Kabupaten Kediri juga berdiri  beberapa kantor/dinas, diantaranya Dinas Perijinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro serta Dinas  Perdagangan Kabupaten Kediri.

Namun entah sengaja atau tidak, di halaman kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro serta Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri kalau malam hari berubah fungsi menjadi sebuah warung kopi Sehingga tidak heran kalau pada malam hari banyak pengunjung yang cangkruk di halaman kantor tersebut.

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz