Gelar Pasukan Pengaman Lebaran, Sematkan Pita Biru

Nganjuk, koranmemo.com – Untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, Polres Nganjuk laksanakan gelar pasukan untuk persiapan Operasi Ketupat Semeru 2018, Rabu (6/6) pagi. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi maraknya tindak pidana kejahatan dan juga memberikan kenyamanan masyarakat dalam merayakan lebaran.

Apel gelar pasukan ini dipimpin Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, yang dikuti oleh personel mulai dari TNI dan Sub Den POM 0810/Nganjuk, Satlantas, Satsabhara, Satreskrim, Satuan Intelijen dan personel pendukung mulai dari Dishubkominfo, Satpol PP, ORARi, PMK, PMI dan satker yang terkait.

Diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapores Nganjuk,  juga penyampaian laporan rencana kegiatan yang dibacakan oleh KBO Satlantas, Iptu Roni Yunimantar yang menyatakan kesiapannya dalam mengamankan lebaran 2018. Sedikitnya ada 1 pos pelayanan, 6 pos pengamanan dan 10 pos pantau yang ditempatkan di jalur tol Wilangan – Kertosono.

Sementara, Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta mengatakan, untuk jalan rawan kemacetan antara lain, perbatasan Saradan-Wilangan atau botlle neck, dua jalur rel kereta api di wilayah Awar Awar dan Bagorkulon, serta perempatan Mengkreng.

“Jalur ini diperkirakan padat pada malam hari. Sebab siang hari arus mudik maupun balik akan diarahkan lewat jalan tol Wilangan – Kertosono,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk tol fungsional Wilangan – Kertosono dibuka pada saat H-5 sampai H+5 lebaran, itupun hanya 1 jalur yang bisa dilewati. Tol hanya bisa dilewati pukul 05.00 WIB sampai 17.00 WIB. Selebihnya akan ditutup mengingat belum ada lampu penerangan.

“Untuk eksit tol wilayah Nganjuk ada tiga titik difungsionalkan semua, yakni eksit Patianrowo, Barong dan Begadung. Setiap eksit tol ada pos pantau,” beber Dewa.

Sebagai tanda dimulainya Operasi Ketupat Semeru 2018, Kapolres Nganjuk berkenan menyematkan pita biru di pundak anggota Satlantas, Dishubkominfo dan Sub Den Pom 0810/Nganjuk. Dengan disematkannya pita biru secara simbolis ini, berarti operasi segera dimulai terhitung tanggal 7 Juni 2018 hingga 24 Juni 2018.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Della Cahaya P

Follow Untuk Berita Up to Date