Gelar Kampung Ramadan, Sediakan Lebih 50 Rombong Gratis Bagi Kelompok UMKM

Share this :

Kediri, Koran Memo – Adanya pasar tumpah menjelang berbuka puasa yang biasanya menyediakan berbagai menu takjil, dimanfaatkan oleh Pemkot Kediri melalui Dinas Koperasi dan UMKM untuk menggelar Kampung Ramadan dengan memberikan fasilitas berupa rombong gratis bagi kelompok UMKM di Kota Kediri.

Salah satu rombong yang digunakan penggiat UMKM di Kota Kediri untuk berjualan menu takjil di Kampung Ramadan depan Stadion Brawijaya (kurniawan/memo)
Salah satu rombong yang digunakan penggiat UMKM di Kota Kediri untuk berjualan menu takjil di Kampung Ramadan depan Stadion Brawijaya (kurniawan/memo)

Lebih dari 50 rombong serta beberapa stand dipersiapkan untuk dipergunakan oleh kelompok UMKM.  Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kediri, Kristianto mengatakan, kegiatan Kampung Ramadan dilaksanakan untuk memberikan fasilitas kepada para penggiat UMKM untuk mengenalkan sekaligus memasarkan produk-produknya, terutama saat momen Ramadan.

Tidak hanya UMKM yang ada di Kota Kediri, Kampung Ramadan juga diikuti para penggiat UMKM dari daerah-daerah lain di Jawa Timur. “Kalau rombongnya ada sekitar 50-an. Itu kita sediakan gratis bagi para kelompok UMKM untuk menjual barang-barangnya di kampung Ramadan,” ujarnya.

Susi, salah satu anggota UMKM asal Kecamatan Kota Kediri mengaku senang dengan adanya fasilitas berupa rombong gratis yang dipinjamkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM. Ia bersama rekan seprofesinya, Yanti yang juga anggota UMKM menempati satu rombong secara bersama-sama.

Susi mengatakan, memang tidak semua rombong dipergunakan oleh satu anggota UMKM. “Tidak semua rombong untuk setiap UMKM. Ada yang lebih dari satu. Yang penting sesuai keinginan dan kesepakatan,” ujarnya.

Susi dan Yanti menambahkan, sebelum mendapat kesempatan berjualan di kampung Ramadan, mereka bersama seluruh rekan-rekan penggiat UMKM di Kota Kediri sudah sering mendapat pelatihan dari Dinas Koperasi dan UMKM. Terkait bagaimana cara pengolahan makanan, proses memasak, pengepakan, hingga pemasaran.(adv/dinkop/kur)