Gelapkan Mobil Milik Mahkota, Ditangkap di Tempat Kos

Nganjuk, koranmemo.com – Unit Reskrim Polsek Warujayeng mengungkap kasus penipuan dan penggelapan (tipu gelap) mobil Toyota Avanza nopol AG 1478 VM milik Khairul Hakim (39) warga Dusun Sumberagung Desa Banjaranyar Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, Jumat (29/11/2019).

Pelakunya, M. Sunandar Afandi (38) warga Dusun/Desa Sugihwaras Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Sampai Minggu (1/12) pelaku masih menjalani penyidikan untuk pengembangan kasus.

Ditangkapnya pelaku berawal dari laporan korban jika pada Jumat (22/11/2019) sekitar pukul 16.00, pelaku datang ke CV Mahkota Putra Perkasa di Dusun Jarakan Desa Sidoharjo Kecamatan Tanjunganom, bermaksud meminjam mobil korban.

Namun ketika sudah saatnya dikembalikan, pelaku malah menghilang dan tak diketahui keberadaannya. Nomor ponselnya pun tidak bisa dihubungi. Akhirnya kejadian ini dilaporkan ke Polsek Warujayeng pada Rabu (27/11/2019) sekitar pukul 17.00 WIB.

Mendapat laporan, Unit Reskrim Polsek Warujayeng langsung melakukan serangkaian penyelidikan. Selang beberapa saat kemudian, petugas mendapat petunjuk jika adanya mobil tersebut berada di SPBU Braan, Jombang.

Selanjutnya dilaksanakan pengecekan dan ternyata benar adanya, dan mobil langsung diamankan. Setelah dilakukan penyelidikan manual, diketahui pelaku bersembunyi di kontrakannya, Desa Kalirong Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri.

Akhirnya pelaku dapat diringkus tanpa perlawanan dan digelandang ke kantor Polsek Warujayeng untuk dipertemukan dengan korban yang selanjutnya menjalani proses hukum lebih lanjut.

Kasubbag Humas Polres Nganjuk AKP Moh. Sudarman mengatakan, saat ini pelaku masih menjalani penyidikan di kantor Polsek Warujayeng.

“Modusnya, tersangka berusaha meminjam mobil dari pelapor menggunakan tipu muslihat dengan tujuan digadaikan untuk mendapat uang,” urainya, Minggu (1/12/2019).

Sedangkan barang bukti yang diamankan, 1 unit Toyota Avanza warna hitam nopol AG 1478 VM beserta STNK, selembar form order sewa mobil, 1 unit sepeda motor Yamaha Mio nopol AG 6123 WL, dan tas warna coklat.

Reporter : Muji Hartono
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date