Gara-gara Isu Terkontaminasi Dioksin, Harga Telur Ayam Negeri Sempat Turun

Blitar, koranmemo.com – Harga telur ayam negeri sempat turun gara – gara isu telur terkontaminasi dioksin di Sidoarjo Jawa Timur beberapa waktu lalu. Situasi itu membuat penguasaha telur di Blitar khawatir, lantaran telur yang terkontaminasi dioksin bukanlah ayam layer melainkan ayam kampung.

“Satu minggu yang lalu harga telur ayam negeri sempat menyentuh Rp 17.500 akibat isu terkontaminasi dioksin itu. Tapi harga jatuh itu hanya dua sampai tiga hari saja setelah itu kembali normal diangka Rp 20.200 per kilogram. Mungkin masyarakat sudah tahu jika telur yang terkontaminasi itu ayam kampung yang hidup liar beda dengan ayam layer kita,” ujar Sukarman, Ketua Koperasi Putera Blitar, Kamis (21/11).

Sukarman berharap, pemerintah melakukan sosialisasi terkait isu telur terkontaminasi dioksin tersebut. Pasalnya, isu yang ditemukan di Sidoarjo tersebut adalah telur ayam kampung liar. Berbeda dengan ayam layer yang digunakan oleh pengusaha telur di Blitar.

“Ayam layer kita mendapatkan perawatan yang baik, tidak pernah keluar kandang, makanan, vitamin semuanya sesuai aturan. Kami berharap isu ini tidak mempengaruhi konsumsi masyarakat terhadap telur,” ujar peternak ayam petelur di Desa Dadaplangu Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar itu.

Blitar menjadi salah satu penyuplai telur ayam negeri terbesar se Indonesia. Dari koperasi yang dikelola oleh Sukarman, per hari bisa memproduksi telur sampai 120 ton. Permintaan telur jenis ini terus berdatangan dari pelosok negeri, khususnya kota – kota besar seperti Jakarta dan Solo. “Setiap hari bisa menjual 10 ton sampai 15 ton telur. Ini Solo Raya juga meminta untuk mengirimkan stok telur,” kata Sukarman.

Seperti diberitakan International Polluttans Elimination Network (IPEN) bersama Asosiasi Arnika dan beberapa organisasi lokal Indonesia merilis laporan “Plastic Waste Poisons Indonesia’s Food Chain”.

Dari hasil penelitian yang dirilis November 2019 disebutkan pabrik tahu di Tropodo, Sidoarjo, terkontaminasi dioksin atau senyawa beracun hasil pembakaran sampah plastik.

Lokasi limbah plastik impor dari China itu juga mengkontaminasi telur yang dihasilkan ayam kampung yang mencari makan disana. Tingkat dioksin telur ayam kampung di Tropodo, Sidoarjo, dianggap sama dengan telur ayam di Bien Hoa Vietnam, yang dikenal memiliki kontaminasi dioksin terparah di dunia.

Reporter Zayyin Multazam Sukri
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date