Gara-gara Ini Pelamar CPNS Datangi Kantor BKDPP

Jombang, koranmemo.com – Sejumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Jombang yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi atau tidak memenuhi syarat (TMS) administrasi, mendatangi sekretariat panitia seleksi daerah (Panselda) CPNS di kantor Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan (BKDPP) Kabupaten Jombang, Selasa (23/10).

Mereka datang untuk mempertanyakan penyebab ketidaklulusan mereka, serta mencari solusi terkait hal tersebut selama proses pengaduan dibuka Selasa (23/10) hingga pukul 16.00 WIB.

Kondisi ini seperti dialami Meida Husniati. Warga Desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang ini terkendala akreditasi BAN PT, bukan akreditasi Prodi. “Saya ini lulus Desember 2011, sedangkan akreditasi saya disebutkan September 2011. Nah sini (Pansel1) meminta akreditasi tepat seperti kelulusan,” ungkap Meida yang juga lulusan Universitas Negeri Surabaya kepada wartawan, Selasa (23/10) siang.

Guru yang sehari-hari mengajar di SMP Muhammadiyah Boarding School Kecamatan Bareng ini menambahkan, lantaran diminta melampirkan akreditasi sesuai kelulusan, ia kemudian mengurus kekurangan ke Unesa.

“Saya kemudian disuruh melampirkan dua akreditasi, yakni tahun 2011 dan 2013, karena pada saat saya lulus itu disebut akreditasi jeda. Namun tetap tidak diterima,” ungkapnya.

Keheranan Meida bertambah ketika sang suami yang juga mendaftar di Provinsi, lolos seleksi administrasi. “Suami saya juga ikut CPNS dan lolos (seleksi administrasi). Padahal persyaratannya sama. Kalau di sini saya mendaftar di unit penempatan SMP Negeri 2 Kesamben. Karena tahun ini harus linier. Yang jurusan pendidikan ya di jalur pendidikan,” paparnya.

Hal senada juga dikatakan Bambang, pelamar CPNS lainnya. Ia juga mengaku terkendala soal akreditasi. “(Panselda) minta yang lama. Padahal kan akreditasi diperbarui tiap 5 tahun sekali. Kayaknya hanya Jombang saja yang kayak gini,” ujarnya sembari mengaku pasrah lantaran tidak ada solusi.

Sayangnya, Kepala BKDPP Kabupaten Jombang Muntholip, tidak ada di kantor saat akan dikonfirmasi awak media. Dari informasi yang disampaikan salah satu staf, yang bersangkutan sedang berada di luar kota.

Sementara Pj Sekdakab Jombang Eksan Gunajati saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya mengatakan, hari ini pemerintah konsentrasi menampung komplain pelamar dan akan mengakomodir jika memang telah sesuai ketentuan. “Kalau sudah sesuai akan kita usulkan kembali ke pusat,” katanya, singkat.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date