Gara-gara Ini, Bus Kawan Kita Ludes Terbakar

Share this :

Kediri, koranmemo.com — Bus Kawan Kita dengan nomor polisi AG 7012 UB yang dikemudikan Roekani (49) warga RT 03/ RW 03 Desa Pacekulon Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk, terbakar di Jalan Gatot Subroto Kota Kediri, Jumat (10/5) sore. Kebakaran terjadi karena kebocoran tangki bahan bahar minyak (BBM) sehingga api menyambar bodi bus.

KA UPT Damkar Kota Kediri, Fajar Khoirul Hidayah mengatakan, saat bus melaju dari arah selatan menuju ke utara, tiba-tiba muncul percikan api dari mesin bus. Padahal, bus tidak mengalami masalah sebelumnya. “Karena panik, pengemudi segera menepikan bus di sebelah barat jalan,” jelasnya, saat dikonfirmasi Koranmemo.com.

Tidak lama kemudian, kobaran api semakin membesar dan menyebabkan arus lalu lintas tersendat. Pasalnya, kejadian tersebut juga jam pulang para pekerja sehingga volume kendaraan meningkat. Salah satu warga yang berada di lokasi kejadian, segera menghubungi petugas Polsek Mojoroto.

Petugas kepolisian melakukan koordinasi dengan pihak pemadam kebakaran (PMK), selanjutnya mengerahkan satu unit mobil Damkar untuk memadamkan api. Kobaran api baru bisa dipadamkan setelah petugas menyemprotkan air selama satu jam. Ini lantaran, masih banyak solar yang ke luar sehingga menyulitkan petugas untuk memadamkan api.

Setelah api padam, petugas masih melakukan pembasahan pada bodi bus Nganjuk-Kediri-Blutar itu termasuk ke dalam bagian kabin. Ini dilakukan, untuk memastikan api tidak muncul kembali serta besi yang terbakar cepat dingin untuk melakukan evakuasi bus tersebut supaya tidak mengganggu arus lalu lintas. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 25 juta.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date