Gara-gara DB, RSUD Dokter Soedomo Trenggalek Over Kapasitas

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Pasien demam berdarah di Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedomo Trenggalek membeludak sehingga terjadi over kapasitas. Mulai awal tahun hingga Kamis (13/2), dilaporkan sebanyak 54 pasien positif terjangkit demam berdarah. Satu pasien anak berusia 4 tahun bahkan dilaporkan meninggal.

Pasien yang meninggal itu adalah pasien rujukan puskesmas. Ia meninggal setelah sempat menjalani perawatan semalan di rumah sakit pelat merah tersebut. “Awal tahun ada satu pasien fatal, usia 4 tahun meninggal. Pasien datang terlambat, datang di IGD kejang-kejang, demam tinggi,” kata Dokter Spesialis Anak, Endah Setyarini.

Kasus serupa pernah terjadi dua tahun silam. Menurutnya, pasien yang meninggal itu masuk kategori kasus langka. “Dia masuk kriteria DB yang unclassified, sudah masuk DB yang gangguan organ. Sudah ke otak, dia kejang, kemudian penurunan kesadaran, setelah itu mengalami gangguan DIC. Ini kasus yang termasuk langka,” kata Endah.

Tingginya kasus demam berdarah pada awal tahun ini menjadi yang terparah sejak 3 tahun terakhir. Kondisi ini diduga dipengaruhi faktor cuaca yang tidak menentu. Dia menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dan meningkatkan kebersihan lingkungan. “Kondisi saat ini, sama dengan 3 tahun yang lalu,” jelasnya.

Tercatat sebanyak 32 anak hingga saat ini terimbas penyakit demam berdarah, totalnya 54 pasien dewasa dan anak. Akibatnya terjadi over kapasitas ruangan. Pihak rumah sakit harus menambah sekitar enam tempat tidur perawatan. “Ada tambahan bad, agar pasien tetap terlayani. Totalnya saat ini ada 54 pasien,” kata Humas, Sudjiono.

Seluruh pasien yang di rawat tersebut merupakan pasien rujukan dari puskesmas. Mayoritas berusia SD hingga SMP. Kondisi ini sering terjadi di awal tahun mengingat Trenggalek masuk daerah endemik demam berdarah dengue. “Over kapasitas sejak Senin kemarin, tapi untuk penambahan ruangan belum. Nanti kita oper-oper (ruangan lain),” pungkasnya.

Reporter: Angga Prasetya
Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date