Gangguan Server, UNBK Tingkat SMP Sempat Molor

Share this :

Blitar,koranmemo.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Kota Blitar, Senin (23/4), sempat molor beberapa saat namun akhirnya berjalan lancar. Bahkan para siswa mengerjakan soal ujian secara tepat waktu.

Molornya pelaksanaan UNBK ini karena ada gangguan server dari pusat dan waktunya

bervariasi. “Alhamdulilah akhirnya semua berjalan lancar,” kata Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Musto Wilik, Senin (23/4).

Dikatakannya, di SMPN 4 pelaksanaan UNBK sesi pertama molor hampir satu jam. Seharusnya dimulai pukul 08.00 namun mundur satu jam hingga dimulai pukul 09.00 WIB.

 “Para siswa yang mengikuti UNBK harus menunggu di laboratorium komputer. “Karena ada gangguan server dari pusat,” kata Kepala SMPN 4, Dijah Rumanti Srisusilaningtyas.

Di SMPN 1, UNBK sesi pertama molor  sekitar 20 menit. Hanya satu laboratorium gangguan jaringan. Sementara jaringan di dua laboratorium lainnya lancar. ” Sempat tertunda 20 menit,” kata Kepala SMPN 1, Kateman.

Dikatakannya UNBK di SMPN 1 diikuti sekitar 303 siswa. Pelaksanaannya dibagi tiga sesi. Hanya UNBK sesi pertama terganggu. Kemudian sesi kedua berjalan lancar.

Salah satu siswi SMPN 1, Elanda Eka (15), mengatakan, tidak ada masalah jaringan saat pelaksanaan UNBK sesi pertama.

“Mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia. Ada 50 soal yang harus dikerjakan. Tadi berjalan lancar, tidak ada masalah jaringan,” kata Elanda.

Sementara jumlah total peserta UNBK SMP dan MTs di Kota Blitar sebanyak 3.921 siswa dari 25 lembaga. Rinciannya, sebanyak 3.312 siswa SMP negeri dan MTs negeri. Sisanya sebanyak 609 siswa dari SMP swasta dan MTs swasta.

Dari 25 sekolah, sebanyak 14 SMP dan MTs sudah melaksanakan UNBK secara mandiri dan sisanya sebanyak 11 sekolah UNBK dengan cara menumpang.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Gimo Hadiwibowo