Ganggu Pengguna Jalan, ODGJ Diamankan

Share this :

Kediri, Koranmemo.com – Pengguna jalan yang melintas di perempatan desa/Kecamatan Badas Pare terganggu dengan ulah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang suka berteriak dan melempar benda yang ia pegang ke jalan raya. Akibatnya pengguna jalan sering panik dan memilih balik kanan mencari aman.

Petugas Satpol PP yang mendapat laporan warga segera bertindak dan mengamankan pria bertubuh kekar ini. Butuh waktu cukup lama,petugas ‘menaklukan’ pria berbaju merah ini. Seringkali berlari dan berontak ketika petugas mengamankan.

Agung Joko Retmono Kepala Satpol PP Kabupaten Kediri mengatakan, pria ODGJ ini sudah satu minggu berkeliaran diantara Badas dan Pare. Ada kekhawatiran dari warga, karena sewaktu-waktu bisa mengamuk dan mencederai warga hingga warga merasa tak nyaman ketika berpapasan dengan pria ini.

“Karena keberadaanya meresahkan dan kami mendapatkan laporan warga, anggota kami bertindak dan mau dibawa ke dalam mobil dengan memberikan satu bungkus dan satu botol air mineral. Namun nasi bungkus dan air mineral yang diberikan malah dibuang dan petugas memberikan lagi dan pria ini mau menerimanya,” ujarnya.  Butuh empat orang petugas Satpol PP untuk menjaganya agar tidak loncat dari mobil. Karena standar pengamanan ODGJ yang mengamuk perlu tenaga ektra dan perlu peralatan khusus untuk mengamankanya hingga bisa tenang dalam mobil yang membawanya ke Dinsos.

“Kami bawa ke Dinas Sosial untuk langkah berikutnya dan perlu dibantarkan ke RSJ Lawang Malang. Karena jika dikembalikan ke keluarganya, pria ini tidak mau mengaku nama dan alamat rumahnya dimana. Sehingga perlu langkah tegas membawa pria ini ke RSJ Lawang Malang agar bisa ditangani lebih serius,” ujarnya.

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu