Gandeng LBH Terakreditasi, Lapas Kelas II B Buka Pelayanan Bantuan Hukum Gratis

Lamongan, koranmemo.com – Dalam rangka hari bhakti pemasyarakatan ke-55, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lamongan memberikan fasilitas khusus bagi Lembaga Bantuan Hukum (OBH) yang sudah terakreditasi memberikan pelayanan bantuan hukum secara gratis.

Kesempatan itu ditujukan bagi masyarakat miskin atau tidak mampu yang menginginkan mendapatkan pendampingan hukum. Tercatat, dari 38 LBH yang terakreditasi untuk 38 Lapas/Rutan Jawa Timur, salah satunya LABH Al Banna Lamongan.

Untuk mengaplikasikannya, Lapas kelas II B Lamongan menyediakan ruang khusus bagi ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk memanfaatkan pelayanan bantuan hukum gratis alias sudah ditanggung oleh negara.

Sementara itu, ketua LABH Al Banna Lamongan, Luqmanul Hakim, S.H.,M.H saat mendapatkan kesempatan memberikan penjelasan dihadapan penghuni Lapas mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan tim advokatnya guna memberikan pelayanan bantuan hukum secara prodeo.

“Gratis, tanpa dipungut biaya. Cukup dengan membawa surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kepala desa setempat,” jelas Luqmanul Hakim, Selasa (23/4) pagi saat mendapat undangan khusus memberikan materi seputaran bantuan hukum di dalam Lapas.

Sementara itu, Kalapas Lamongan Kelas II B, Ignatius Gunaidi diwakili oleh Kasubag TU, Soedarto, S.H mengatakan jika untuk memfasilitasi hal tersebut pihaknya sidah memberikan tempat khusus yang digunakan untuk konsultasi hukum gratis bagi penghuni lapas.

Dijelaskannya, hal itu merupakan prioritas, sebab pemerintah sudah mengalokasikan anggaran untuk hal itu. “Pemerintah sudah menggelontorkan dana bantuan hukum kepada masyarakat miskin, termasuk yang sekarang sedang berada Lapas Lamongan,” ujarnya.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date