Gali Tanah, Temukan Granat dan Amunisi Senjata

Share this :

Kediri, koranmemo.com — Warga Dusun/Desa Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, geger setelah salah satu warga menemukan granat dan amunisi senjata di pekarangan rumah, Minggu (22/3). Penemu sekaligus pemilik rumah adalah Kaslan (45) warga Dusun/Desa Tiron.

Kasi Humas Polsek Banyakan, Aiptu Nanang Setyawan menjelaskan, pada Minggu (22/3) sekitar pukul 05.30 WIB, Kaslan selaku pemilik rumah menggali tanah di depan rumah untuk membuat resapan septictank.

“Kurang lebih 10 menit setelah menggali dengan kedalaman kurang lebih 20 sampai 30 sentimeter, Kaslan menemukan amunisi laras panjang,” jelasnya.

Karena penasaran, Kaslan mencoba memeriksa dan manemukan amunisi laras pendek serta satu buah granat genggam (nanas). Kaslan mencoba memeriksa keadaan amunisi dan granat, dia menduga benda tersebut masih aktif.

Tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kata Aiptu Nanang, Kaslan segera melaporkan penemuan tersebut ke Ketua RT, Kepala Dusun (Kasun). “Dari pihak Dusun segera melaporkan ke personel Babinda dan Bhabinkamtibmas yang diteruskan ke Polsek Banyakan,” tuturnya.

Aiptu Nanang mengatakan, barang-barang yang ditemukan yaitu 330 butir amunisi laras panjang, 30 butir amunisi laras pendek, dan satu buah granat nanas. “Amunisi dan granat akhirnya kami serahkan ke personel Brimob untuk langkah selanjutnya,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Della Cahaya