Gali Tanah Dekat Punden Temukan Struktur Bata Kuno

Jombang, koranmemo.com – Juru kunci punden atau makam kuno Dusun Sumbersari Desa Sukosari Kecamatan Jogoroto, Soleh (31), menemukan struktur batu bata merah kuno di sekitar punden saat sedang menggali tanah.

Penggalian tanah yang dilakukan pada Minggu (14/1) sekitar pukul 07.00 WIB itu untuk menguruk jalan menuju punden yang ambles. “Tiba-tiba cangkul saya mengenai ini (batu bata kuno). Saya perkirakan total seluas 20 meter x 20 meter ini luasnya,” kata Soleh kepada koranmemo.com, Senin (15/1) siang.

Soleh menuturkan, satu hari sebelum menggali tanah, dirinya juga sempat bermimpi jika di sekitar punden berdiri  candi.”Saya mimpi di sini ada candi mirip Candi Tikus. Entah ada hubungannya atau tidak tapi setelah itu menemukan bata kuno ini,” ungkap pria yang mengaku baru 2 tahun menjadi juru kunci menggantikan ayahnya yang sudah meninggal.

Disinggung soal punden, Soleh mengungkapkan jika punden yang berdekatan dengan penemuan bata kuno adalah makam leluhur Dusun Sumbersari.

“Kalau ini makam mbah Blawu. Dia yang babat alas berdirinya Dusun Sumbersari. Baik warga sekitar maupun dari luar kota seperti Lumajang, Jember Jogja banyak yang ke sini, berziarah, ” ujarnya.

Dikatakan, pasca penemuan struktur batu bata kuno, dirinya memilih menghentikan penggalian. “Kalau pagi tadi (Senin pagi) ada petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur yang datang ke sini,” tandasnya.

Humas BPCB, Sudaryanto dikonfirmasi tentang penemuan struktur batu bata kuno mengaku belum mengetahuinya secara pasti. “Saya belum tahu secara pasti karena masih di luar kota. Jadi belum tahu seperti apa kondisinya, termasuk peninggalan apa belum tahu,” tuturnya.

Sementara, letak struktur batu bata kuno yang ditemukan juru kunci, berjarak 200 meter di barat Balaidesa Sukosari. Meski berjauhan dengan permukiman warga, namun tidak sulit untuk menjangkau lokasi. Akses jalan berupa paving block dapat dilalui dengan mudah baik kendaraan roda empat maupun roda dua.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.