Film “Amazing Blitar” dan Tari Emprak Dipromosikan di Los Angeles

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Tari remong dan rancak tari jaranan serta emosi tari emprak yang merupakan seni tradional asli Kabupaten Blitar, berkesempatan menjajal atmosfir panggung seni internasional di Los Angeles, Amerika Serikat.

Bupati Blitar Rijanto, menjelaskan momen istimewa yang akan digelar di depan mahasiswa dan dosen University of California Los Angeles (UCLA) serta publik negara adi daya tersebut, sekaligus sebagai ajang promosi budaya juga pelbagai potensi khas lainnya yang dimiliki Kabupaten Blitar.

Menurut Bupati, panggung seni internasonal itu sendiri merupakan bagian gala premiere film dokumenter berjudul “Amazing Blitar” karya sutradara Livi Zheng yang tengah moncer di Negeri Paman Sam. Yang lebih membanggakan Sutradara Hollywood dan juga dosen seni di UCLA ini adalah putri terbaik Blitar.

“Pemkab Blitar mendapat kehormatan besar karena diundang oleh UCLA yang dimediatori oleh salah satu putri kebanggaan Blitar Livi Zheng,” tuturnya.

Dijelaskan, keberangkatan tim Pemkab Blitar dan juga penari sempat tertunda karena berbagai persoalan teknis. Mulai  tahap penyelesaian pengurusan dokumen seperti visa, paspor dan surat izin baik dari gubernur, kemendagri dan lainnya.

“Jadi sebetulnya kita berangkat tahun lalu, tapi karena proses pengurusan visa agak terkendala jadi molor. Selain itu saya sendiri juga harus mengurus surat izin dulu dari gubernur  dan kemendagri dan lain lain,” terang Rijanto.

Ditambahkan, untuk anggaran keberangkatan ke Los Angeles berasal dari APBD dibantu pihak penyelenggara kegiatan di Los Angeles.

“Ini (anggaran) patungan dengan pihak penyelenggara acara di sana. Saya mohon dukungan seluruh masyarakat agar dengan berlangsungnya acara ini semakin membuat terkenal Blitar, Jawa timur dan Indonesia di kancah internasional,” tandas Rijanto.

Reporter: Arief juli prabowo

Editor: Achmad Saichu