Empat Ibu Hamil di Kota Blitar Terjangkit HIV-AIDS

Share this :

Blitar,koranmemo.comDinas Kesehatan Pemerintah Kota Blitar mencatat pada Januari hingga Juli 2017 ditemukan 4 ibu hamil yang terjangkit atau menderita human immunudeficiency virus (HIV) Acquired Immune Deficiensy Syndrome (AIDS). “Berdasarkan data kami mulai Januari 2017 hingga Juli, tercatat 9 penderita baru HIV AIDS empat diantaranya merupakan ibu hamil,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Blitar, Harni Setyorini.

Dirinya menerangkan, keempat ibu hamil yang positif HIV/AIDS tersebut mayoritas masih berusia 21 tahun. Saat ini mereka dipastikan sudah menjalani terapi antiretroviral atau terapi menggunakan beberapa obat untuk menekan virus HIV AIDS.

“Kami akan terus melakukan pemantauan intensif untuk empat ibu hamil yang dinyatakan positif HIV AIDS dan melakukan penanganan khusus saat persalinan agar bayi yang dilahirkan tidak tertular HIV AIDS,” tegasnya.

Dijelaskan Harni, data di Dinas Kesehatan Kota Blitar mulai tahun 2004 sampai saat ini tercatat 120 penderita HIV AIDS, 43% diantaranya sudah meninggal dunia.

Reporter: A. Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.