Eks Pabrik Tiwul Jatilengger Ponggok Blitar Akan Digunakan Depo Arsip

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Pengelolaan aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar di Jatilengger Kecamatan Ponggok yang digunakan sebagai pabrik tiwul instan oleh pihak ketiga dalam hal ini PT Cahaya Sentosa Sejahtera (CSS) akhirnya berakhir.

Akhir kerjasama pengelolaan itu disepakati setelah Pemkab Blitar memberikan ganti rugi gedung senilai Rp 1,1 miliar. Bahkan saat ini Pemkab sudah mempunyai rencana penggunaan eks pabrik tiwul instan tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti mengatakan, proses pengakhiran kerjasasama sudah selesai. Pihak ketiga juga sudah melakukan penyerahan aset kepada Pemkab Blitar.

Sementara itu, pemanfatan eks pabrik tiwul instan juga sudah ditentukan. “Jadi untuk eks pabrik tiwul instan diminta oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip akan digunakan untuk depo arsip,” kata Khusna, Kamis (14/02).

Dikatakan, permintaan pemanfaatan eks pabrik tiwul untuk depo arsip sudah disetujui. Bahkan untuk pembangunan rehab juga sudah dianggarkan di tahun 2019 ini. Untuk saat ini rehab belum bisa dilakukan, Saat ini, karena masih menunggu pengalihan barang-barang dan mesin yang ada di dalam gedung oleh pihak ketiga.

“Saat ini pihak ketiga sedang mengalihkan barang-barang dan mesin. Karena ganti rugi hanya untuk biaya gedung. Baru setelah itu kita bisa memulai rehab bangunan,” tandasnya.

Khusna menambahkan, pemanfaatan eks pabrik tiwul instan sabagai depo arsip ditargetkan bisa dilakukan pertengahan tahun ini.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date