Edukasi Masyarakat, RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Luncurkan A BiSMo

Share this :

Edukasi Masyarakat, RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Luncurkan A BiSMoBlitar, Koranmemo.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar terus inovasi. Salah satunya meluncurkan kartu pintar A BiSMO atau Antibiotika Stop Mengorder Otomatis. Layanan ini memungkinkan pencegahan penggunaan antibiotik yang tak bijak. “Inovasi ini dalam rangka mengedukasi masyarakat. Nantinya ada sistem yang nanti menghentikan order jika pembelian antibiotik tidak sesuai dengan indikasi,” kata dr Endah Woro Utami MARS, direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.

Dijelaskan dr Woro bahwasanya penggunaan antibiotik harus hati-hati, karena berkaitan kesehatan. Jika tak hati-hati, khawatirnya ada penyakit atau kuman. “Maka dari itu, kami ingin mencegah dengan melibatkan masyarakat. Ketika diberi antibiotik dokter, maka harus tahu indikasinya apa, berapa dosis yang tepat, dan berapa lama antibiotik harus diminum,” katanya.

Dokter ramah ini melanjutkan lagi, kartu A BiSMO diperoleh ketika berobat ke RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Jika ke poli maupun rawat inap akan mendapat antibiotik dan selanjutkan dijelaskan soal indikasi, dosis dan berapa lama harus minum. “Nah selanjutnya dijelaskan oleh dokter, si pasien bisa menulis di kartu,” jelasnya.

Ditambahkan, dengan adanya kartu A BiSMO terdapat kolom indikator alasan mendapatkan antibiotika hingga dosis. Setidaknya menjadi sarana edukasi dalam hal penggunaaan antibiotika. “Jadi harapannya masyarakat akan sadar cara yang tepat dalam hal penggunaaan antibiotika,” katanya lagi.

Nantinya pihaknya juga akan sosialisasi ke puskesmas, pelayanan tingkat satu hingga rumah sakit yang ada di Kabupaten Blitar. (advrsud)

Reporter: Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu