Edarkan Ribuan Butir, Kenek Truk Ditangkap

Kediri, koranmemo.com – Anggota Satreskoba Polresta Kediri menangkap warga Desa Sambirejo Kecamatan Gmpengrejo, Kabupaten Kediri, Faktur Rozi (20). Laki-laki yang bekerja sebagai kenek truk ini diduga mengedarkan pil dobel L yang jumlahnya mencapai ribuan.

Kasubbag Humas Polresta Kediri, AKP Kamsudi menjelaskan, sebelumnya Satreskoba Polresta Kediri melakukan penangkapan terhadap warga Desa Sambirejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, Sungkono (30), Senin (10/2) lalu.

Pria yang lama menganggur ini, diduga memiliki dan mengedarkan pil dobel L. Dari hasil pemeriksaan, Sungkono menyimpan 1.000 butir dobel L. “Setelah penangkapan, anggota melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan ternyata dia memperoleh barang tersebut dari Faktur,” jelasnya, Kamis (13/2).

AKP Kamsudi mengatakan, Faktur ditangkap di rumahnya yang berada di Dusun Sambirejo Desa Sambirejo Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Rabu (12/2). Saat melakukan penangkapan, polisi juga melakukan penggeledahan di rumah pelaku.

Hasilnya, polisi menemukan barang bukti pil jenis dobel L sebanyak dua bungkus. Masing-masing bungkus berisi 1.000 butir dan menyita satu unit telepon genggam merek Samsung tipe E5 yang diduga digunakan untuk melakukan transaksi.

Pelaku dan barang bukti dibawa ke Mapolresta Kediri untuk proses hukum lebih lanjut. “Pasal yang disangkakan kepada pelaku yaitu Pasal 196 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan atau Pasal 3 Ayat 1 jo Pasal 12 Stbl Nomor 419 Tahun 1949 tentang Obat Keras. Karena terbukti sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu berupa pil dobel L,” tuturnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date