Edarkan Pil, Pemuda Ngadirejo Ditangkap

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Personel Satresnarkoba Polresta Kediri menangkap pemuda asal Jalan Setono Kelurahan Ngadirejo Kecamatan/Kota Kediri, Yudha Budianto (25), Senin (20/4). Dia ditangkap karena diduga mengedarkan obat keras jenis pil dobel L di sekitar Kelurahan Ngadirejo.

Kasubbag Humas Polresta Kediri, AKP Kamsudi menjelaskan, pada Senin (20/4), personel mengetahui informasi bahwa di lokasi tersebut sering terjadi transaksi obat keras jenis pil dobel L. “Ada informasi peredaran pil dobel L di sekitar Jalan Setono, kemudian personel melakukan penyelidikan,” jelasnya, Selasa (21/4).

Akhirnya, kata AKP Kamsudi, personel menangkap pelaku, Yudha di salah satu rumah yang berada di Jalan Setono Kelurahan Ngadirejo Kecamatan/Kota Kediri. “Kemudian, setelah dilakukan penggeledahan ditemukan pil yang diduga dobel L. Pil tersebut disimpan dalam tas kresek hitam, ada juga yang dikemas dalam plastik putih bening,” ujarnya.

Personel yang memperoleh barang bukti, segera membawa pelaku ke Mapolresta Kediri. Di Mapolresta Kediri, barang bukti pil dobel L ada 135 butir. Selain itu, personel juga menyita uang tunai Rp 158.000 yang diduga hasil penjualan barang haram tersebut.

Bahkan, pelaku juga mempunyai buku yang digunakan untuk merekap penjulan pil dobel L. “Kami juga menyita satu unit telepon genggam (HP) milik pelaku. Dugaan kami, pelaku melakukan transaksi melalui pesan singkat dan sistim ranjau,” tuturnya.

Menurut AKP Kamsudi, pelaku diduga melakukan tindak pidana, yaitu dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar atau persyaratan keamanan, khasiat, kemanfaatan, dan mutu, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 196 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Della Cahaya