Dua Wanita Pelaku UMKM di Madiun Buat Masker untuk Dibagikan Gratis Cegah Corona

Madiun, koranmemo.com – Dua wanita pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) asal Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, secara swadaya membuat masker dari kain dan dibagikan gratis ke warga.

Wanita kakak beradik, Farida Intan Sari (39) dan Christia Anggun Vianti (28) ini, rela menghentikan sementara usahanya menjahit hijab dan gamis yang digeluti.

Hal ini dilakukan karena langka dan mahalnya harga masker di pasaran sejak penyebaran virus Corona (Covid-19). “Cari masker itu, sekarang susah banget, langka, kalaupun ada juga mahal,” ungkap Farida saat ditemui di rumahnya, Kamis (26/3).

Awalnya,  ia mendengar kelangkaan masker melalui media televisi dan media cetak. Membuat hatinya terketuk untuk memproduksi masker secara massal. Setiap hari, mereka dan karyawannya bisa memproduksi masker sebanyak 120 biji dari bahan dasar katun dan ceruti.

“Aktifitas ini sudah seminggu lebih dan alhamdulillah sudah memproduksi ribuan potong masker kain,” tambahnya.

Farida dan Christia tak mengambil untung dari apa yang mereka buat. Pembagian masker secara gratis ini juga bentuk sosial yang mereka upayakan untuk memutus rantai penyebaran virus korona (covid-19).

Selain membaginya dengan warga sekitar dan di pasar, mereka juga melayani permintaan dari luar Madiun, bahkan luar pulau seperti bali.

“Kemarin ada teman-teman kita yang dari Malang, Surabaya dan Bali juga Rumahsakit. Memang kita batasi satu orang satu. Dan satu lembaga maksimal 20 pics masker,” paparnya.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu