Dua Residivis Komplotan Pencuri Truk Ditangkap Jatanras Polda Jatim

Surabaya, koranmemo.com – Komplotan pelaku pencurian truk kembali dibekuk Tim Jatanras Ditreskrimum, Polda Jawa Timur. Dua pelaku ditangkap petugas masing-masing adalah, Taufik Hidayat, alias Haji Lukman (60), asal Jalan Pondok Sejati Indah Blok 8/25, Purworejo, Pasuruan dan rekannya Sarip (57), asal Jalan Murukan Gang I, Surodinawan, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

Kasubdit Jatanras, Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Leonard M Sinambela, didampingi Humas Polda Jatim, Kompol Sutrisno mengungkapkan, kronologi kejadiannya berawal dari laporan kejadian adanya pencurian 1 unit kendaraan jenis truk merk Mitsubishi bernopol S 8255 UP milik korban, asal Mojokerto ke Polres Kabupaten Kediri pada, Selasa (19/2), lalu.

“Kemudian, hasilnya kami bersama anggota Jatanras Polda Jatim melakukan penyelidikan bersama Unit Reskrim Polres Kediri dan mengungkap kasus yang kita tangkap kemarin malam,” ungkapnya, Selasa (26/2), sore.

Mantan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, kronologi kejadiannya bahwa, pelaku (Taufik Hidayat, alias Haji Lukman-red) dia berpura-pura menyewa kendaraan truk ke korban (Siswanto-red), lalu oleh korban disetujui dan menyuruh sopirnya untuk janjian meminta diantar ke Daerah Pare, Kabupaten Kediri.

Kemudian, setelah sesuai tempat yang telah disepakati di daerah Pare, Kabupaten Kediri, sopir ini bertemu para komplotan pelaku yang sebelumnya sudah menunggunya dan salah satu pelaku (Sarip-red) dan 3 tiga orang pelaku lain yang sudah tertangkap di Polres Kediri, setelah bertemu si sopir ini telah diberi makan sebungkus nasi padang saat itu yang sebelumnya sudah digerus pil tercampur pada bungkusan nasi padang tersebut. Usai memakannya si sopir selang satu jam tidak sadarkan diri. Dari situ mereka para komplotan pelaku ini melancarkan aksi pencurian truk dibawa kabur dan di jual ke daerah Semarang, Jawa Tengah, lalu sopir ini dibawa ke dalam mobil dan dibuang di pinggir jalan tepatnya di Daerah Caruban, Madiun.

“Kami tangkap tersangka Taufik Hidayat alias Haji Lukman tepatnya di Kabupaten Sidoarjo, dan tersangka Sarip kami tangkap di daerah Mojokerto,” jelas AKBP Leonard Sinambela kepada koranmemo.com.

Dikatakan, dari peristiwa kejahatan pencurian truk kedua pelaku ini merupakan residivis dalam kasus yang sama. Sedangkan tersangka (Haji Lukman-red) dalam catatan kepolisian sudah pernah tertangkap di Polres Nganjuk pada tahun 2014, dan tersangka (Sarip-red) tertangkap di Polda Jawa Tengah dalam kasus yang sama kasus pencurian truk pada tahun 2015. Dan dua tersangka ini baru keluar dari rumah tahanan (Rutan) pada tahun 2017.

“Para ke komplotan ini bergabung kembali dengan pelaku yang sebelumnya ketangkap. Jadi sudah reuni para pelaku pencurian truk ini,” tutur Leonard.

Ditambahkan, hasil identifikasi yang terekam kamera CCTV, kendaraan truk berangkat dari rumah korban, yang kemudian mengisi bahan bakar minyak solar di SPBU saat itu masih bersama sopirnya, jadi para pelaku ini sebelumnya sudah menggambarnya.

“Barang bukti yang kami sita berupa 3 unit ponsel handphone milik tersangka dan mereka kami jerat dengan pasal 363 KUHPidana yang kini sudah mendekam dibalik jeruji penjara,” tukas Leonard Sinambela.

Reporter M Fauzi
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date