Dua Pemuda Nyaris Dimassa

Ponorogo, koranmemo.com – Dua pemuda masing – masing Miswanto (24) warga Dukuh Kunto RT 03 / RW 16 Desa Baosan kidul kecamatan Ngrayun dan Katwanto (26) warga Dukuh Kedung RT 3 / RW 8 Desa Baosan Kecamatan Ngrayun, nyaris jadi bulan-bulanan massa, lantaran tepergok tengah mencuri tumpukan jahe milik Lencur Sudebyo (45) warga Dukuh Kasen RT 03 / RW 02 Desa Kalisat Kecamatan Bungkal. Beruntung petugas dari Polsek Bungkal yang datang ke lokasi kejadian langsung mengamankan keduanya, dan  menggelandang mereka ke mapolsek, sebelum dihakimi warga yang beringas, Selasa (13/12).

Kejadian ini berawal dari aksi dua tersangka yang nekat mencuri 9 sak jahe kering seberat 400 kilogram di rumah korban dini hari. Aksi keduanya tepergok oleh Rudianto (35) warga Dukuh Penanggungan RT 02 / RW 02 Desa Koripan  Kecamatan Bungkal yang sedang melintas di depan rumah korban. Saksi yang curiga lantas menelepon korban untuk mengecek tumpukan jahe kering miliknya. Saat dicek ternyata 9 karung jahe kering miliknya di dalam rumah hilang. Mengetahui hal itu Rudianto lantas meneriaki keduanya. Mereka pun kabur dengan menggunakan sepeda motor.

Saksi yang dibantu warga akhirnya berhasil menangkap keduanya di poskamling Desa Pelem Kecamatan Bungkal, atau 1 kilometer dari rumah korban. Warga yang geram nyaris menghakimi keduanya. Namun berhasil dicegah oleh petugas polsek yang datang.

Kasubag Humas Polres Ponorogo, AKP Sudarmanto mengatakan dari keterangan tersangka, mereka masuk melalui jendela belakang rumah korban dengan cara dicongkel. Hasil penjualan jahe kering ini sendiri digunakan untuk berfoya-foya. ”Kedua tersangka ini masuk melalui jendela dibelakang rumah korban, dan keluar melalui pintu belakang juga, setelah sebelumnya sempat dicongkel. Saat ditangkap warga nyaris dimassa. Rencananya hasil jarahan ini akan di jual untuk berfoya-foya,”ujarnya.

Sudarmanto mengungkapkan. Dari kasus ini petugas berhasil mengamankan barang bukti 9 sak jahe kering seberat 400 kilogram, dengan harga mencapai  Rp 8,4 juta, dua sepeda motor milik tersangka yang digunakan untuk mengangkut hasil curian. Akibat ulahnya keduanya dijerat dengan pasal  362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara.” Barang bukti yang disita 9 karung jahe kering, dua sepeda motor. Tersangka dijerat dengan pasal 382 KUHP, ancaman 5 tahun penjara,”pungkasnya. (znl)

 

 

Follow Untuk Berita Up to Date