Dua Komplotan Curanmor Diringkus

Surabaya, koranmemo.com -Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim), Polres Pelabuhan Tanjung Perak berhasil mengungkap dua pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Dari pengungkapan tersebut, petugas berhasil mengamankan ke dua tersangka.

AKBP Antonius Agus Rahmanto, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, pada Jumat (7/9/2018), mengatakan dua komplotan berhasil diringkus, pertama berinisial, HSM yang merupakan komplotan dari buron DHY, KS dan dua rekannya saat ini berada di rutan, inisial R dan MBT. “Hasil pengembangan penyelidikan, tersangka melakukan aksinya di 6 (enam) TKP,” ungkapnya.

Agus menjelaskan, tersangka termasuk jaringan pelaku curanmor yang tidak menggunakan kunci leter T saat menjalankan aksinya. Namun komplotan ini mengincarnya motor yang kunci kontak menempel.

“Pelaku memanfaatkan keadaan ketika korban lengah, merasa korban sebentar masuk toko syawalan. Hal ini merupakan sasaran empuk bagi tersangka,” tuturnya.

Kemudian komplotan kedua petugas menangkap tersangka berinisial MFA, yang berusia 13 tahun.
“Kita tentunya minta pihak keluarga dan Bapas terlibat, pemeriksaan hingga penyelidikan diutamakan. Anak yang Masih berusia 13 tahun menjadi pelaku, tentunya butuh kerja sama berbagai pihak, minimal selesai menjalani proses hukumannya bisa kembali normal dan wajar sebagai pada umumnya anak-anak lain,” harapnya Agus.

Modus dari pelaku sama dengan komplotan pertama, yaitu memanfaatkan kelengahan korban, yang meninggalkan kunci kontak masih menempel pada motor.

“Alasan dari tersangka ini melakukan aksi kejahatan curanmor bertujuan ingin mempunyai kendaraan sepeda motor. Dari latar belakang yang kita lihat, dia selama ini tinggal berdua dengan mbahnya. Sedangkan Orang tua mereka tidak mengurusnya,” ujar Agus

Reporter: M. Fauzi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date