Dua Bapaslon Perseorangan Pilih Koalisi

Kediri, koranmemo.com — Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kediri 2020 pada September mendatang terus bergulir. Bahkan, pendaftaran dan pengumpulan syarat dukungan bagi bakal pasangan calon (Bapaslon) perorangan kurang dari satu minggu, namun ada dua Bapaslon yang memilih untuk berkoalisi.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mencatat, ada tiga Bapaslon yang sudah mendaftar dan mendapat akun pada aplikasi atau sistem informasi pencalonan (silon).

“Dari tiga Bapaslon, dua di antaranya ada kendala, masing-masing yang menjadi wakil ternyata mengundurkan diri,” jelas, Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Anwar Ansori, Jumat (14/2).

Salah satu wakil mengundurkan diri, karena merasa keberatan untuk melanjutkan. Sementara wakil lainnya, dari pihak keluarga tidak menghendaki yang bersangkutan menjadi wakil dan maju sebagai Bapaslon pada Pilbup Kediri 23 September 2020 nanti.

Dua tokoh tersebut, lanjutnya, akhirnya datang ke KPU dan memutuskan untuk bergabung menjadi satu. Lantas, bagaimana dengan akun silon yang sudah ada? Akun tersebut secara otomatis tidak valid atu tidak berlaku. “Karena, Bapaslon yang masuk kan antara si A dan si B. Kalau mereka berkoalisi, istilahnya, jadi diberikan akun baru,” imbuhnya.

Menurut Anwar, kedua Bapaslon ini juga sudah meminta akun ke KPU sehingga sementara ini hanya ada dua Bapaslon perseorangan. Pemberian akun tersebut berawal dari penyerahan mandat, namun mereka harus melalui tahapan pencalonan mulai awal lagi, termasuk pengumpulan syarat minimum dukungan.

Ini sesuai Keputusan KPU RI Nomor 82/PL.02.2-Kpt/06/KPU/II/2020 tentang Pedoman Teknis Penyerahan Dukungan dan Verifikasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Anwar memastikan Bapaslon yang baru terbentuk ini memperhatikan tahapan pencalonan. Pasalnya, dalam waktu seminggu ke depan, sudah mulai tahap pengumpulan syarat minimum dukungan yang mencapai 79.715 dukungan yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Kediri.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor :  Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date