DPRD Trenggalek Janji Tindaklanjuti Tunas Integritas KPK di Jayapura Papua

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – DPRD Kabupaten Trenggalek konsen menindaklanjuti program Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Bidang Pencegahan yakni Tujuan Nasional (Tunas) Integritas pasca digelarnya workshop di Kabupaten Trenggalek minggu lalu. Kini Lembaga anti rasuah ini menggelar Kolaborasi Tunas Integritas Nasional II di Hotel Aston Jayapura, Papua, Selasa(12-15/9).

Ketua DPRD Trenggalek, H. Samsul Anam, hadir  bersama Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin, Wakil Ketua Agus Cahyono,SH, Ketua Komisi I, Sukaji, Inspektur dan Asisten I Bupati.139 Tunas Integritas dari KLOP (Kementrian, Lembaga, Organisasi Pemerintah), dari seluruh Indonesia ikut menghadirinya.

Menurut Samsul Anam melalui pembangunan budaya integritas merupakan upaya untuk mewujudkan Indonesia yang berintegritas dalam upaya pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dengan melibatkan semua pilar penting bangsa.

“Kembali jika kita akan membuat daerah kita maju dengan mengeksplore potensi kita seperti pariwisata, maka mainset orang-orangnya dan pelakunya harus ditata dulu,” ucapnya.

Ditambahkanya, kegiatan ini merupakan upaya tindak lanjut dari kesepakatan integritas yang telah ditanda tangani beberapa kepala daerah sebelumnya, guna membangun keselarasan bangsa untuk mewujudkan cita-cita pembangunan Nasional.

“Hasil MoU kita tahun lalu. Ibaratnya kita belajar lagi ini, ” imbuhnya.

Ditegaskannya, sasaran strategis kegiatan ini adalah terwujudnya pelembagaan sistem integritas. Sebagai mitra pemerintah tentunya lembaga DPRD merasa terpanggil untuk ikut mendorong terwujudnya pelembagaan sistem integritas ini di Trenggalek.

“Kita harus bahu membahu dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam membangun daerah secara cepat,” tandasnya.

Tidak secara terbuka tegas, namun politisi asal PKB ini mengisyaratkan akan segera menganjurkan pemerintah daerah untuk membentuk kelompok kerja (pokja) yang akan terus mengawasi dan menginisiasi kinerja paratur di daerah agar benar-benar sesuai strategi yang akan dilakukannya.“Tunggu saja nanti aplikasi kita di Trenggalek,“ pungkasnya.

Reporter : Puthut Purbantara

Editor     : Hamzah Abdillah

 

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz