DPRD Trenggalek Dorong OPD Untuk melakukan Inovasi

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Komisi III DPRD Trenggalek bersama OPD menyusun Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA – PPAS) 2021, Senin (12/10). Dalam rapat yang di bahas di aula gedung DPRD ini, pihak legislatif memprioritaskan program yang belum tercapai di tahun 2020 agar bisa dilaksanakan di tahun 2021. Selain itu pihak legislatif juga mendorong OPD untuk melakukan inovasi baru untuk menunjang PAD dan kelayakan pelayanan umum.

Ketua Komisi III DPRD Trenggalek, Sukarudin mengatakan, inovasi baru memang harus dilakukan terlebih saat ini pihaknya mendorong seluruh OPD untuk bekerja maksimal. “Dengan begitu, target PAD dan pelayanan umum bisa meningkat,” jelasnya.

Salah satu terobosan baru yang diapresiasi pihak DPRD adalah pembangunan gedung enam lantai di RSUD Soedomo Trenggalek. Pihak RSUD meminjam kepada pihak ketiga melalui persetujuan dari pihak legislatif.

“Kita akan mencari pihak yang bisa memberikan modal bisa dari bank swasta atau milik negara. Untuk biaya pembangunan gedung 6 lantai menelan biaya 50 miliar,” imbuhnya.

Sukarudin menambahkan, setelah ada pihak yang bisa memberi pinjaman nanti pihaknya akan membantu nego, bagaimana sistem pengembalian pinjaman modal.

“Saya yakin pihak RSUD bisa mengembalikan, bisa diatur dalam tempo 5 tahun,” ujarnya.

DPRD Trenggalek Dorong OPD Untuk melakukan Inovasi 2

Selain pembangunan gedung baru di RSUD, pihak legislatif juga mendorong Dinas Koperasi Mikro dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Trenggalek. Karena banyak pasar yang sudah dibangun bagus tapi ada kekurangan fasilitas pendukung.

“Masih ada yang belum punya kamar mandi, musala dan pengeras suara,” ujarnya

Sukarudin mengatakan, fasilitas ini perlu dibangun untuk memberikan kenyamanan bagi orang banyak. Sementara untuk pengeras suara digunakan untuk memberikan informasi kepada pedagang maupun pembeli.

“Nanti melalui pengeras suara jika ada kehilangan kunci motor maupun dompet bisa di laporkan ke petugas pasar nanti bisa diumumkan melalui pengeras suara,” pungkasnya.

Reporter: Dias Ahmad Farid
editor: Della Cahaya