DPRD Minta Bupati Segera Melimpahkan Sebagian Wewenangnya Kepada Camat

Share this :
Trenggalek, Koranmemo.com-Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Trenggalek, Sukaji meminta agar bupati segera melimpahkan sebagian wewenangnya kepada camat, terutama hal-hal yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

” Setidaknya, dengan pelimpahan tersebut akan lebih meringankan tugas bupati dalam menjalankan kegiatan APBD, baik induk ataupun perubahan.Walaupun itu semua hak prerogratif bupati, ” kata Sukaji, Rabu (12/4/2017) siang.
Menurutnya, banyaknya tugas yang ada akan lebih efektif jika ada pembagian tugas, dengan catatan harus menempatkan orang sesuai bidang dan kemampuannya.” Bukankah kecamatan itu juga termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan sendiri,” tambahnya.
Sukaji berharap, sebagai penyelenggara pemerintahan, DPRD adalah mitra pemerintah daerah,sehingga wajar jika saling mengingatkan.
“Harapan ini bukan berdasarkan keinginan tetapi tetapi kebutuhan, sehingga dalam rangka membangun Trenggalek bisa saling berkesinambungan ¬†antara pihak yang satu dengan lainnya,” harapnya.
Politisi dari Partai Golkar ini juga mengingatkan agar pelimpahan sebagian wewenangnya kepada camat tidak menimbulkan multi tafsir. Dicontohkan, kegiatan yang seharusnya cukup diselesaikan di kecamatan tidak perlu di bawah ke kabupaten, misalnya soal perijinan.Selain lebih mendekatkan hubungan kepada masyarakat, juga sangat efektif dan efisien.
” Kami optimis, bupati akan memahami dan mengerti sehingga akan terjadi sebuah kemitraan dalam membangun Trenggalek, “pungkasnya.
Reporter : Agus Riyanto
Editor : Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.