DPRD Meminta Pencegahan Penyakit Menular Harus Optimal

Trenggalek, koranmemo.com – Ketua Bapemperda ?Badan Pembuat Peraturan Daerah) DPRD Kabupaten Trenggalek mengingatkan kepada Dinas Kesehatan,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek agar waspada terhadap beberapa penyakit menular.Karena bisa dianggap berbahaya jika salah dalam mengantisipasi.”Kami tidak ingin kejadian di Kecamatan Pule dan Durenan terulang kembali.Bayi yang baru lahir terindikasi HIV.Dinas harus lebih cermat dalam mengantisipasi,”terangnya, Rabu (19/4/2017) siang.
Samsuri menyadari jika ada aturan yang melarang menginformasikan individu yang terkena penyakit menular dalam kategori berat,contoh HIV.Diharapkan ada solusi tentang pencegahan awal yang dilakukan agar penyakit menular tidak merebak kemana-mana.
“Kami menghormati etika yang harus dijaga,tetapi bukan berarti diam.Misalkan setiap calon pengantin harus melakukan tes irine atau teknik lain agar bisa dipastikan tentang kesehatannya,”imbuhnya.

Anik Suwarni,Kepala Bagian Hukum Kabupaten Trenggalek menjelaskan,rujukan UU Desa nomor 6 tahun 2014 bisa dijadikan acuan dengan melibatkan pemerintah desa dalam pembinaan kesehatan masyarakat.

“Desa harus mengetahui data warganya yang bekerja di luar,baik antar propinsi atau luar negeri.Sehingga setiap warga desa yang pulang wajib melaporkan ke dinas terkait,”jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melalui sekertarisnya,Sutikno,mengatakan, upaya yang dilakukan dalam penanggulangan penyakit menular didasarkan kepada Permenkes nomor 82 tahun 2015.
“Ada sekitar sepuluh penyakit menular yang harus ditangani,tetapi yang menjadi skala prioritas adalah,TBC,HIV dan Malaria.Jadi kami akan lebih fokus terhadap tiga penyakit menular tersebut.Sedangkan beberapa penyakit menular yang lain berada di wilayah OPD lain,”katanya.
Sutikno menjelaskan,penyakit menular bisa disebabkan oleh,jamur,bakteri dan virus.”Kami juga berharap kepada masyarakat agar lebih waspada dan melakukan antisipasi dini,”harapnya.

Reporter : Agus Riyanto
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.