DPRD Kabupaten Nganjuk Telusuri Hari Jadinya

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Dalam rangka mencari kebenaran hari jadi, DPRD Kabupaten Nganjuk menggelar “Seminar Penelusuran Hari Jadi DPRD Kabupaten Nganjuk”, Rabu (21/10). Acara dimulai pukul 10.00 WIB di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Nganjuk.

Seminar sekaligus diskusi sejarah ini mengundang ahli sejarah di Kabuapten Nganjuk. Seperti Aminudin Kasdi, Sejarawan Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Sukadi dan Rudi Handoko dari Komunitas Pecinta Sejarah Nganjuk (Kotasejuk).

Penelusuran sejarah dimulai oleh Sukadi dengan mengungkap sejarah cikal bakal nama Anjukladang yang dipakai Kabupaten Nganjuk hingga saat ini dan kaitannya dengan sejarah awal mula berdirinya sebuah parlemen di Kabuapaten Nganjuk.

Penelusuran tersebut disambung dengan penjabaran secara konkret oleh Rudi. Bagaimana proses terbentuknya parlemen di Kabupaten Nganjuk, yang ternyata lahir di masa-masa penjajahan Belanda.

Penjabaran dari kedua ahli kemudian dikaji oleh Aminudin Kasdi untuk memperoleh kebenarannya. Dengan detail dia membuka sejarah-sejarah yang belum banyak orang mengerti tentang Kabuapten Nganjuk, terlebih pada pemerintahan Kabupaten Nganjuk pada zaman dahulu.

Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono mengatakan, untuk tidak lanjut hasil seminar hari ini, masih akan dalami kembali dengan mengkaji ulang hasil seminar kepada ahli yang membidangi. Baik itu dari bidang hukum, maupun budaya.

“Selain menelusuri hari jadi, seminar ini bertujuan menambah pengetahuan anggota DPRD, kususnya pemahaman tentang perbedaan dan sebab akibat, sistem pemerintahan di parlemen pada zaman jajahan Belanda dan setelah Indonesia menjadi rebublik seperti saat ini,” katanya.

“Harapan kami supaya hari jadi DPRD Kabupaten Nganjuk dapat dikaji dengan baik supaya menemukan kebenarannya.”tambahnya.(adv)

Reporter: Inna Dewi Fatimah

Editor: Della Cahaya