Dorong Peningkatan Kemampuan Aparatur Pemerintah

Share this :

Trenggalek, Memo – Salah satu kegiatan dalam upaya peningkatan sumber daya aparatur diantarannya adalah kegiatan Bimtek Komputer Tingkat Terampil Angkatan I yang dibuka oleh Bupati Trenggalek Dr Emil E. Dardak. MSc, Senin (23/5), bertempat di gedung Bawarasa Pendapa Trenggalek.Bimtek yang dilaksanakan selama tiga hari diikuti oleh 80 orang peserta dan 48 SKPD yang dibagi dalam dua angkatan.

Bupati apresiasi sekaligus tutup Bimtek dengan melakukan pengalungan medali kepada peserta
Bupati apresiasi sekaligus tutup Bimtek dengan melakukan pengalungan medali kepada peserta

Emil mengatakan bahwa aparatur (PNS) merupakan unsur utama sumberdaya manusia yang memiliki peran dalam keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan transparan. “Sosok aparatur yang mampu memainkan peran tersebut adalah aparatur yang mempunyai kompetensi. yang diindikasikan dan sikap dan perilakunya yang memiliki loyalitas, dedikasi, integritas tinggi dan ditambah dengan Skill, Integrity, Knowledge, Attitude, and Passion (SIKAP),”tegas emil

Lebih Lanjut Emil mengharapkan agar peserta pelatihan tidak hanya meningkatkan kemampuan dan ketrampilan saja. namun yang Iebih penting adalah bagaimana perubahan sikap perilaku yang ditunjukkan dengan peningkatan kerja dan peserta bimtek di lingkungan kerja masing-masing.Peningkatan kapasitas sumber daya aparatur merupakan suatu keharusan bagi pemerintah daerah dalam usahanya untuk mewujudkan pencapaian visi dan misi dan sasaran pembangunan.  “Salah satu pendekatan yang digunakan dalam paradigma baru mengenai peningkatan kapasitas sumber daya aparatur birokrat adalah melalui pemberdayaan (empowerment). Pelatihan atau bimbingan tekhnis sangat penting sebagai upaya peningkatan kapasitas sumber daya aparatur,” pungkasnya. (rud/haz)