Dorong Penguatan Ekonomi, Salurkan Bantuan Ternak  Kambing  kepada Eks ODGJ

Lamongan, koranmemo.com – Fokus memberikan bantuan kepada eks orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten  Lamongan. Bukan tanpa alasan, penyerahan bantuan tersebut bertujuan untuk memberi aktifitas serta penguatan ekonomi bagi mereka.

Bantuan tersebut berupa hewan ternak kepada beberapa penerima yang sudah tercatat sebelumnya. “Bantuan bibit ternak kambing kepada penderita psikotik dan bebas pasung  atau eks Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)  adalah untuk memberi aktifitas atau kesibukan serta memberi rangsangan untuk maju secara ekonomi,” kata Kabid Rehabilitasi sosial Dinsos Kabupaten Lamongan,  Suharto Agus Kurniawan, Selasa (29/10).Dikatakannya, bantuan bibit ternak kambing tersebut disalurkan di Kantor Kecamatan Laren, menyusul nantinya bakal diberikan di seluruh kecamatan di Lamongan. “Sebelumnya bantuan bibit ternak kambing juga  kita serahkan di Dinsos dan di daerah Lamongan selatan. Ini semua untuk membantu eks Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau bebas pasung,” tambah Agus.

Selain pemberian bantuan, masih menurut Agus, sebelumnya juga dilakukan pembinaan keahlian terhadap eks ODGJ, diantara keahlian membuat kerajian bros serta keahlian memangkas rambut dan keahlian yang lain sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Sementara, koordinator pendamping ODGJ Kabupaten Lamongan, Rozim, menegaskan, keluarga ODGJ atau eks pasung harus terus turut melakukan pendapingan agar yang sudah sembug tidak kambuh lagi.

“Keluarga memiliki peranan penting dalam penyembuhan ODGJ, termasuk mengingatkan  agar si pasien terus minum obat agar cepat sembuh dan tidak kambuh,” papar Rozim.

Begitu juga terkait bantuan bibit ternak kambing, keluarga eks ODGJ juga harus turut mengawasi agar bantuan tersebut jangan sampai dijual.

“Bantuan ini harus dikembangkan karena tidak hanya memberi aktifitas tapi juga untuk mengembangkan ekonomi. Makanya jangan sampai dijual,” jelasnya.

Di sisi lain, Camat Laren, M Na’im,  terkait penangganan ODGJ di Kecamatan Laren, mengatakan bahwa hampir seluruh ODGJ sudah tidak mengonsumsi obat.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date