Dorong Lebih Terbuka Pada Investor

Share this :

Agenda BI, Change For Breakthrough

 

Kediri, koranmemo.com –  Sekitar 400 responden dihadirkan oleh Bank Indonesia untuk mendapatkan suntikan motivasi dan cara berfikir untuk lebih maju lagi, terutama dalam menerima investor. Kegiatan tersebut berlangsung pada pukul 08.00 WIB di aula gedung IKCC (Insumo Kediri Convention Center), Selasa (11/10).

Kepala BI Perwakilan Kediri, Joko Raharto mengatakan responden yang diundang terdiri dari instansi, UMKM, maupun stakeholder ekonomi lainnya. Mereka harus siap menghadapi perubahan. Bahkan menurut Djoko, tidak hanya siap menerima perubahan, para responden itu diharapkan bisa mendorong terjadinya perubahan. “Karena yang abadi dalam hidup adalah perubahan, jika tidak berubah kita akan tertinggal. Dan ada penekanan lagi, berubah dan mendobrak sehingga mempunyai energi lebih supaya survive dan eksis di dalam kondisi yang tidak pasti,” ujarnya.

Sementara itu, Remaja Tampubolon, motivator yang dihadirkan dari Jakarta dalam temu responden tersebut mengatakan pemerintah mengubah banyak hal, begitu pula lembaga-lembaga negara mengubah banyak hal. Lalu siapa yang mengubah masyarakat? Hal inilah yang harus ditekankan pada responden bahwa tidak ada yang bisa mengubah diri selain orang bersangkutan.

Perubahan tersebut salah satunya berupa cara pandang terhadap orang baru, dalam hal ini investor. Siap menerima perubahan berarti siap menerima kedatangan penanam modal dan bekerjasama untuk meningkatkan taraf perekonomian. “Berubah bukan sekedar berbeda tapi berubah untuk membuat terobosan, karena terobosan yang membuat kita menmunculkan hal-hal baru dan inovasi baru, tanpa terobosan semuanya akan biasa-biasa saja,” tegas Tampubolon.

Terobosan yang dilakukan oleh BI sekarang ini adalah mengubah mindset agar bisa menjadi lebih maju. ”Perubahan mindset sangat penting karena banyak UKM yang hampir 31.000 jumlahnya itu perlu bimbingan dari semuanya untuk dapat berkembang go nasional dan go internasional,” terang H.M. Solihin, Kepala KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Kota Kediri.(dha)