Dorong Konvergensi / Integrasi Program Percepatan Pencegahan Stunting

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Bupati Nganjuk H.  Novi Rahman Hidayat, S.Sos, .M.M., menghadiri acara Koordinasi mendorong konvergensi/integrasi program percepatan pencegahan anak kerdil (Stunting) di wilayah prioritas, Kamis (22/11). Kegiatan tersebut diadakan oleh Kementerian Sekretariat Negara RI, Sekretariat Wakil Presiden, Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, yang dilaksanakan di Red Top Hotel And Convention Centre Jakarta jalan Pevenengan nomor 72 Jakarta Pusat.

Acara ini digelar dalam rangka upaya percepatan pencegahan anak kerdil(stunting). Pemerintah saat ini terus berupaya mencapai target penurunan angka stunting dalam RPJMN 2015-2019 sebesar 28 persen pada akhir 2019.

Peran dan keterlibatan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan koordinasi dan pengendalian pelaksanaan program sangat diperlukan. Bahkan, di beberapa daerah, berbagai upaya pencegahan anak kerdil (stunting) telah dilakukan melalui program-program inisiatif daerah.

Didampingi oleh dinas terkait, Bupati Nganjuk selain menyampaikan dukungan pada program nasional itu, ia juga membuat pernyataan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Nganjuk. “Kami mendukung program nasional ini, serta Pemerintah Kabupaten Nganjuk memiliki komitmen,” ungkapnya.

Implementasi dari komitmen tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Nganjuk akan melaksanakan pertemuan daerah percepatan, pencegahan (Stuting) bersama perangkat daerah, Camat, Lurah dan Kepala desa, melakukan aksi konvergensi/integrasi program dan kegiatan yang terkait dengan percepatan pencegahan stunting didaerah.

Mengumpulkan dan publikasi data stunting serta program percepatan yang sudah dilakuian secara berkala, dan menggunakan data sebagai dasar untuk melakukan perbaikan program, menyusun kebijakan, kampanye perubahan perilaku dan komunikasi antar pribadi untuk percepatan pencegahan stunting dan meningkatkan peran desa, melakukan konvergensi/integrasi program dan kegiatan yang terkait dengan percepatan pencegahan stunting. (adv)

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu