Dongkrak Taraf Hidup Petani, Ini yang Disiapkan DPMD Lamongan

Lamongan, koranmemo.com – Pentingnya mencermati potensi desa menjadi dasar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lamongan untuk turut memajukan taraf hidup masyarakat desa. Salah satunya dengan mengembangkan perekonomian melalui sektor pertanian.

Bukan tanpa alasan, untuk memajukan serta mengembangkan pertanian tak ayal beberapa komponen penting seperti peralatan pertanian juga sangat menjadi faktor dominan kemajuan. Apalagi, hal itu didukung dengan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Khusnul Yaqin, S.Si melalui Kasi Pembinaan Teknologi Tepat Guna, Umar Hasan, SIP mengatakan bahwa pihaknya turut andil dalam mengembangkan perekonomian masyarakat desa.

“Kami telah menyiapkan program bantuan alat untuk petani Lamongan yakni mesin tanam jagung dan pengasap telur asin,” katanya sembari mengatakan lantaran terkendala pandemi corona, program tersebut sementara ditunda dan dialihkan ke penanggulangan pandemi.

Meski begitu, pihaknya tetap menargetkan untuk menyediakan alat atau mesin pertanian diantaranya disediakan 10 unit mesin penanam jagung dan 17 unit alat pengasap telur asin. Jadi, kata Umar, total bantuan alat pertanian ada 27 unit yang akan diberikan masyarakat.

Bagaimana caranya menentukan bantuan tersebut, kembali Umar mengatakan bahwa yang akan mendapatkan bantuan tersebut adalah tergantung pada potensi desa masing-masing. “Yang perlu diperhatikan adalah 27 kecamatan. Jadi setiap kecamatan di pilih 1 desa yang sudah terbentuk Posyantek,” tambahnya.

Dengan adanya bantuan alat tersebut nantinya diharapkan petani dapat mengefisien biaya produksinya, sehingga keuntungan pun juga meningkat. Dengan begitu, kedepannya sudah barangtentu taraf hidup juga akan meningkat. (ADV)

Reporter : Nanda Setiawan/Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu