DLHKP Kota Kediri Usulkan Penerapan Teknologi

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Kabupaten dan Kota Kediri Kamis (15/10) kemarin mulai memasuki Studi Kelayakan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jatim, dan Konsultan di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri, Didik Catur menyampaikan beberapa usulan agar nanti bisa diterapkan dan memberi manfaat pada warga di sekitarnya.

Didik menjelaskan, TPA Sampah Regional Kabupaten dan Kota Kediri diinisiasi DLHKP Kota Kediri dan DLH Kabupaten Kediri.

“Kami berinisiasi dan menyampaikan kepada Provinsi dan alhamdulillah disetujui dan terlaksana. Saat ini mulai tahap awal Studi Kelayakan (Feasibility Study) sebelum nantinya masuk Detail Engineering Design (DED),” katanya.

Baca Juga: Wali Kota Kediri Sampaikan Usulan Empat Raperda ke DPRD

Meski sampah merupakan limbah atau buangan yang tidak bisa dimanfaatkan oleh rumah tangga dia berharap tidak menjadi hal yang dikeluhkan warga. Di manapun tempat pembuangan regional ini nantinya akan memberikan manfaat bagi pemerintah daerah atau masyarakat itu sendiri.

Apa lagi dengan memanfaatkan teknologi sampah bisa dijadikan energi atau bahan yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. “Kami mengusulkan adanya penerapan teknologi karena di TPA Sampah ini berpotensi menyerap tenaga kerja. Seperti diketahui belum ada mesin pemilah sampah yang bisa memisahkan organik dan anorganik seperti plastik. Plastik harus diambil secara manual, sementara besi bisa menggunakan magnet,” imbuhnya.

Baca Juga: Gilang Akbar, Kasat Reskrim Polres Kediri

Dari penerapan teknologi menjadikan sampah sebagai pupuk atau biji plastik akan memberikan keuntungan bagi masyarakat itu sendiri. Apalagi di lokasi yang direncanakan sebagai TPA Sampah banyak warga yang bermata pencaharian sebagai petani.

Untuk diketahui, Studi Kelayakan diadakan Pemprov Jatim dan dihadiri oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Pemprov Jatim, Konsultan, DLH dan Bappeda Kabupaten Kediri, serta Barenlitbang Kota Kediri.(adv/dlhkp)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya