Diusahakan Digelar pada 12 Juni, La Liga Izinkan Latihan untuk 10 Orang

Share this :

Madrid, koranmemo.com – Kompetisi sepak bola Liga Spanyol, La Liga sedang berusaha kembali menggelar pertandingan pada 12 Juni mendatang. Untuk itu, La Liga hanya mengizinkan latihan dapat diselenggarakan untuk 10 orang mulai hari Senin (18/5).

Presiden La Liga, Javier Tebas mengatakan, tanggal yang ideal untuk kembali memulai liga adalah pada tanggal 12 Juni, tapi semua itu tergantung otoritas kesehatan. “Kami sedang bekerja keras agar La Liga bisa kembali sesuai rencana. Kami juga berupaya menyiapkan diri untuk tanggal berapa saja yang diizinkan,” kata Tebas kepada Movistar TV, dikutip dari AFP.

“Pada akhirnya, otoritas kesehatan yang akan menentukan kapan kita bisa mulai kembali. Saya ingin itu terjadi secepat mungkin, tetapi kenyataannya kita tidak memiliki waktu yang ideal. Kita harus menunggu lampu hijau dari otoritas kesehatan,” tambahnya.

Pemerintah Spanyol sendiri terus mendukung langkah ini dengan memberikan izin untuk klub-klub sepak bola profesional melakukan latihan dengan jumlah orang sebanyak 14 orang secara bersamaan. Hal ini juga berlaku pada klub-klub yang berasal dari wilayah pusat persebaran Covid-19 di Spanyol, seperti di Madrid dan Catalonia.

Dengan begitu, klub seperti Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid juga sudah bisa kembali menyelenggarakan latihan. “Ini adalah keputusan dari pemerintah, yang terpenting adalah semua tim dapat berlatih dengan cara yang sama,” ujarnya.

Menanggapi pelonggaran yang telah diberikan pemerintah kepada klub untuk mempersiapkan kembalinya kompetisi, La Liga mengeluarkan aturan dengan hanya memberikan izin pada 10 orang saja. Aturan ini diterapkan dengan harapan, rencana yang telah disusun untuk segera mengembalikan La Liga bisa berjalan mulus.

Sebelumnya, klub-klub sepak bola di Spanyol, baik yang berlaga di divisi pertama dan kedua telah memulai latihannya bulan ini, setelah kondisi di Spanyol semakin membaik. Namun, mereka masih menjalani latihan secara individu dan dalam pengawasan protokol kesehatan yang ketat, seperti tes corona yang dilakukan berkala.

La Liga sendiri sudah menangguhkan pertandingan sejak 14 Maret lalu, sebagai bentuk pencegahan kerumunan warga untuk menghentikan penularan Covid-19. Saat ini, menyelesaikan kompetisi merupakan suatu hal yang sangat penting. Berdasarkan perkiraan Tebas, jika kompetisi ini gagal diselesaikan klub akan mengalami kerugian hingga 1 miliar Euro.

Selain itu, kembali bergulirnya kompetisi sepak bola Liga Jerman, Bundesliga tampaknya telah menjadi dorongan tersendiri kepada La Liga. Meski penyelenggaraannya belum sempurna, karena para pemain masih beradaptasi dengan aturan baru, seperti dilarang berpelukan saat merayakan gol. Bundesliga tampaknya telah membuat kemajuan signifikan yang ingin segera ditiru oleh kompetisi sepak bola lain di Eropa.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya