Ditinggal Posyandu Lansia, Rumah Kebakaran

Jombang, koranmemo.com – Sedang ditinggal ikut posyandu lansia, rumah malah terbakar sdh. Inilah yang dialami Ponirian (82), warga RT 01/RW 03 Dus un Ngoro Lor Desa/Kecamatan Ngoro, Selasa (20/8) sekitar pukul 09.00 WIB.

Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat amukan si jago merah, rumah beserta isinya ludes sehingga korban ditaksir mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

“Adapun kerugiannya atap bagian atas rumah terbakar. Selain itu seluruh isi rumah terbakar, sehingga kerugian ditaksir mencapai Rp 50 juta,” kata Kapolsek Ngoro AKP Chairudin, Selasa (20/8).

Kapolsek menjelaskan, sebelum terjadi kebakaran, Poniran dan sang istri bernama Supinah, baru saja selesai memasak di dapur. “Korban masak menggunakan tungku, dengan bahan bakar kayu bakar,” sambung Chairudin.

Kemudian, pasutri Poniran dan Supinah pergi ke balai RW 02 untuk mengikuti posyandu lansia. Setelah beberapa saat ditinggal pergi, salah satu tetangga korban bernama Kusmiati (44), melihat adanya asap mengepul disertai kobaran api dari bagian dapur rumah korban.

Seketika itu saksi Kusmiati berteriak ‘kebakaran’, yang didengar warga lainnya, sehingga berdatangan dan ramai-ramai berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Sayangnya, api bukannya dapat dijinakkan, melainkan tambah besar. Sehingga oleh warga dilaporkan ke Polsek Ngoro, sekaligus meminta bantuan petugas PMK pemerintah setempat.

Tidak lama kemudian, 2 unit kendaraan PMK datang ke lokasi. Sejumlah petugas bergegas melakukan pemadaman api. “Beberapa saat kemudian api dapat dipadamkan sehingga tidak menjalar ke rumah warga lainnya,” ungkap Chairudin.

Sementara, dari hasil olah TKP (tempat kejadian perkara), kebakaran diduga dipicu sisa kayu bakar yang digunakan memasak, masih menyala.

“Hingga akhirnya merembet pada tumpukan kayu lain di sekitar tungku. Rumah tersebut juga hanya ditempati oleh pasutri Poniran dan Supinah. Sehingga saat kejadian sedang kosong,” pungkas Kapolsek.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date