Dites Urine, Belasan Pegawai PDAM Tak Hadir

Jombang, koranmemo.com – Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jombang baik honorer maupun ASN secara mendadak dites urine oleh  Satresnarkoba bersama Dokter Kesehatan (Dokkes) atau Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Jombang.

Pada cek urine kali ini, belasan pegawai tak hadir atau tak terlihat batang hidungnya saat pelaksanaan tes urine di aula lantai dua kantor PDAM di Jalan KH Wahid Hasyim 136 A, Jombang, Kamis (10/10) pukul 07.30 WIB.

Kasat Resnarkoba Polres Jombang, AKP Moch. Mukid menyampaikan, dilakukannya tes urine secara dadakan memang salah satunya langsung dari permintaan Aries Yuswantono selaku Direktur PDAM Jombang untuk cek urine bagi pegawainya baik itu honorer maupun ASN.

“Kita diundang PDAM untuk tes urine dari permintaan Direktur. Kami dari Satresnarkoba sangat mengapresiasi karena sudah mau ikut dalam rangka pencegahan peredaran narkoba di kota santri,” kata AKP Mukid kepada wartawan.

Kemudian ketika disinggung ada salah satu pegawai yang dicurigai berusaha mengelabui petugas, lantaran kesulitan untuk buang air kecil hingga sampai satu jam, Mukid memastikan jika upaya itu tidak mungkin biasa dilakukan.

“Iya ada tadi, dan tidak mungkin untuk mengelabuhi petugas. Memang ketika seseorang menanggung beban, stress ada sesuatu, pasti sulit untuk kencing. Jadi saya tidak kaget jika ada yang seperti itu,” ungkapnya.

Dijelaskan Mukid, jumlah keseluruhan pegawai PDAM sebanyak 44 karyawan yang telah didaftarkan sebelumnya. Namun yang hadir tes urine hanya 33 pegawai.

“Sedangkan, 11 pegawai lainnya informasinya masih berada di luar lapangan, kalau tidak hadir nanti akan menyusul tesnya di Mapolres Jombang. Secara keseluruhan sebanyak 33 pegawai yang melaksanakan tes urin hasilnya negatif,” ujar Mukid.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Operasional PDAM Jombang, Slamet menguraikan, bahwa tes urine ini memang dilakukan untuk menanggulangi karyawannya dari penggunaan Narkoba.

“Jadi kami turut serta memerangi narkoba. Bagi pegawai kita yang belum tes urine, nanti sisanya akan menyusul secepatnya,” tutupnya.

Reporter : Taufiqur Rachman

Editor Achmad Saichu