Diterjang Longsor, Jalur Wisata Ngebel Lumpuh

Ponorogo, koranmemo.com – Hujan pertama yang mengguyur kawasan Ponorogo awal November ini mengundang bencana longsor di sejumlah wilayah. Seperti yang terjadi di Kecamatan Jenangan ini misalnya.

Tebing lereng Gunung Wilis, yang dilintasi jalur menuju wisata Telaga Ngebel atau tepatnya di Dukuh Tumpuk Desa Kemiri Kecamatan Jenangan longsor. Sejumlah kendaraan tidak dapat melalui jalur ini lantaran longsoran berupa pohon Bambu dan matrial batu bercampur tanah memenuhi jalur utama menuju objek wisata unggulan Ponorogo tersebut, Selasa (6/11).

Musibah ini sendiri berawal dari hujan lebat yang mengguyur kawasan ini pada pukul 04.00, Selasa dini hari tadi. Hujan yang lebat membuat pohon bambu yang berada di tebing di atas jalan tidak kuat menahan terjangan air hujan hingga ambrol ke badan jalan.

“Longsor tadi sekitar jam 09.00 pagi, akibat hujan lebat dini hari tadi, pohon bambu ini ambrol karena terjangan air hujan dan menutupi jalan ke Telaga Ngebel ini,” ujar Wakapolsek Jenangan Ipda Danang.

Danang mengungkapkan, kendati sempat lumpuh total namun saat ini arus lalu lintas baik dari maupu¬† menuju Telaga Ngebel berangsur normal. Ini setelah sebuah eskavator milik BPBD Ponorogo diturunkan, untuk membantu pembersihan matrial longsor.” Sejak jam 9 tadi sudah mulai pembersihan, satu unit eskavator diturunkan. Saat ini arus lalu lintas berangsur normal,” pungkasnya.

Reporter:  Zainul Rohman

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date