Diterjang Banjir Bandang,  Jembatan Dadapan Putus

Share this :

Ponorogo, koranmemo.com – Hujan deras yang terjadi di hulu Sungai Sempol Kecamatan Balong sejak siang hari, menyebabkan banjir bandang yang menerjang kawasan ini. Akibat banjir bandang, jembatan penghubung antar desa putus, Rabu (25/3). Jembatan ini merupakan jembatan penghubung Desa Dadapan dan Desa Gombang Kecamatan Balong.

Babinsa Desa Dadapan Serka Sarmuji mengatakan, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 02.30. Selain akibat derasnya aliran sungai,  pohon bambu sedapur yang tersumbat di bawah jebatan menjadi faktor putusnya jembatan yang baru direnovasi 2018 lalu itu.” Tadi putus pukul  14.30. Banjir besar terus pohon bambu sedapur hanyut dan menyumbat disini akhirnya memutuskan jembatan,” ujarnya.

Sarmuji juga mengungkapkan, akibat putusnya jembatan ini, warga dua desa ini harus memutar 500 meter untuk menuju desa di sebrangnya. ” Mutar 500 meter, lewat jembatan yang satunya,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni langsung meninjau lokasi putusnya jembatan ini. Pun dengan luapan air sungai yang merendam sejumlah rumah di Desa Tatung Kecamatan Balong.

Bupati Ipong mengatakan, pihaknya tengah menghitung dana untuk pembangunan ulang jembatan Dadapan -Gombang ini. Bila dana yang dibutuhkan sekitar Rp 200 juta, maka tahun ini jembatan yang putus ini akan dibangun ulang dengan model jembatan gantung. Namun bila lebih maka akan diikutkan pada program nasional yang telah diusulkan.” Akan kita bangun ulang lah. Kalau tidak lebih Rp 200 juta tahun ini kita bangun lagi tapi modelnya gantung. Agar aktifitas warga bisa berjalan kembali,” ujarnya.

Bupati Ipong juga mengimbau, agar warga yang memiliki pohon bambu di pinggir sungai, untuk rajin merapikan pohonya. Hal ini untuk menghindari kejadian serupa. ” Ya untuk warga yang punya pohon bambu di pinggir sungai untuk merapikan pohonya. Sehingga tidak menjadi alat dorong air yang memutuskan jembatan. Kalau kita lihat jembatan ini putus karena ada pohon bambu yang nyangkut,” pungkasnya.

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu