Dispendukcapil Terus Genjot Perekaman Data

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar terus menggejot perekaman data, terutama para  warga yang berusia 17 tahun. Dispendukcapil pun siap mengerahkan petugasnya ke lapangan.

“Iya, perekaman di lapangan terus kami lakukan. Mulai di kecamatan, kelurahan hingga di kantor kami sendiri. Jangan sampai ada warga yang usianya 17 tahun tidak terekam data kependudukannya,” kata Plt Kepala Dispendukcapil Kota Blitar, Imam Muslim, Senin (14/9).

Imam menjelaskan perekaman secara jemput bola  itu dimulai  10 September hingga 3 Desember mendatang. Nantinya ada tim pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang bakal standby di lokasi yang telah ditentukan. Seperti di kantor kecamatan, kelurahan. Bahkan petugas juga menyempatkan diri jemput bola untuk merekam data KTP elektronika.

“Ini sebagai bukti bahwasanya kami kerja keras agar perekaman sesuai dengan target. Termasuk di antaranya untuk sukseskan pemilihan wali kota (pilwali),” kata pria ramah ini.

Baca Juga: Pasar Tradisional Menjadi Sasaran Operasi Yustisi Penerapan Protokol Polres Blitar

Baca Juga: Blitar Mulai Terapkan Sanksi Denda Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Dalam hal pelayanan kantor yang berada di Jalan Kenari Blitar ini juga tak main-main. Di masa new normal ini ada sejumlah layanan, di antaranya perekaman KTP elektronik bisa dilayani di kantor Dispendukcapil, kecamatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Layanan dokumen adminduk untuk sementara tidak melayani tatap muka.

Pelayanannya melalui online yakni Whatsapp dan SIPAk atau sistem pelayanan adminduk. Contohnya akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta perceraian (08113634194), KTP, KIA, surat pindah datang, kartu keluarga (081553050313), layanan konsolidasi NIK seperti registrasi SIM card, bank, BPJS, perguruan tinggi (088287800000), informasi pengaduan (08113634195).