Dispendikbud Kota Malang Gelar Pekan Kebudayaan Daerah

Share this :

Malang, koranmemo.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kota Malang menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) di Taman Krida Budaya Jawa Timur, Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang. Dalam kegiatan tersebut melibatkan pergelaran seni dan budaya serta pameran produk seni budaya.

Kepala Dispendikbud, Zubaidah, menyampaikan kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari, 30 September hingga 1 Oktober 2020. Di hari pertama terdapat pertunjukan seni Wayang Sandosa dari Sanggar Taruna Krida Rasa, Yudi Prata Perform, Jaranan Pegon Malangan dari Sanggar Anggoro Kasih Sanjoyo, dan Mocopat, Tari Topeng Wayang Jekdong & Ludruk Malangan dari Sanggar Padaka Nusantara.

Sementara di hari kedua akan ada Karawitan Malangan dan Seni Budaya dari Paguyuban peminat Seni Tradisi (PSST), Seni Budaya dari Dewan Kesenian Malang (DKM), Keroncong Malangan, dan Deny Cak Nan serta Cak Percil. “Kami berharap dari kegiatan ini dapat memunculkan kekayaan Kota Malang. Melalui keberagaman budaya yang timbul sedemikian rupa sebagai warisan leluhur yang perlu dilestarikan,” ujar Zubaidah.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Dispendikbud Kota Malang, Andayun Sri Afriana, menambahkan PKD tersebut merupakan pergelaran yang berpotensi untuk ditampilkan kembali di Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) mewakili Kota Malang. Dispendikbud Kota Malang melalui Bidang Kebudayaan akan memberikan pendampingan kepada sanggar yang terpilih untuk tampil di PKN.

Baca Juga: Oshika Maba Unisma 2020, Rektor Tekankan Sikap Kritis

Baca Juga: Perempuan Diajak Meningkatkan Ketahanan Keluarga

Menurut Andayun, kegiatan PKD tersebut diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Untuk itu, panitia hanya memperbolehkan tamu undangan saja yang dapat menyaksikan pergelaran tersebut. “Masyarakat umum tidak diperkenankan hadir tanpa undangan. Sebab ditakutkan akan ada pembludakan penonton sehingga menyalahi protokol kesehatan. Acara ini juga dapat ditonton melalui channel youtube P&K TV Kota Malang dan Bona TV,” pungkasnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh

Editor: Della Cahaya