Diskumdag Kota Batu Gelar Gebyar UMKM, Modal Kenalkan Produk di Dubai

Share this :

Kota Batu, koranmemo.com – Bertempat di halaman parkir timur Balai Kota Among Tani, Rabu (20/11) Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso secara resmi membuka Gebyar Produk UMKM 2019. Sebagai modal untuk mengenalkan produk Kota Batu di kancah Internasional, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (Kadiskumdag) Eko Suhartono mempersiapkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mempromosikan dan memperkenalkan produknya sebelum berangkat ke Dubai.

“Masyarakat pelaku UMKM di Kota Batu ini sudah layak go internasional. Sebab itu dengan adanya Gebyar UMKM dan juga pasar murah yang digawangi Dinas Pertanian, saya berharap produk mereka bisa dipromosikan dan lebih dikenal,” ucap Eko dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan Usaha dan Pengembangan Ekspor Impor Diskoperindag Kota Batu Inol Ertadiansyah mengatakan bahwa sepuluh UKM asal Kota Batu telah ditunjuk oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, untuk turut serta dalam pameran perdagangan kelas dunia yakni World Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

“Pameran di Dubai itu diikuti oleh UKM yang dibina oleh Disperindag  Jawa Timur. Kota Batu ada sepuluh UKM yang akan ikut pameran. Produk pertanian, produk kerajinan, dan produk olahan buah-buahan yang akan kita bawa,” imbuh Inol.

Para pelaku UKM yang akan turut serta pada pameran tersebut diantaranya adalah CV Deltras dan UD Tohu dari Desa Junrejo Kecamatan Junrejo, dengan produk kerajinan kayu. Arjuna 999 dengan produk mamin dari Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. Serta Arjuna Flora dari Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji dengan produk bunga hias.

“Perwakilan Jawa Timur, selain Batu nanti ada Surabaya, Malang, Pasuruan, Sidoarjo, Bojonegoro, Pacitan dan Banyuwangi. Pelaksanaannya, dari Oktober 2020 hingga April 2021 atau selama enam bulan, dan akan diikuti oleh kurang lebih sebanyak 180 negara peserta, termasuk Indonesia,” pungkas Inol.

Pewarta: Doi Nuri

Editor: Arif Juli Prabowo