Dishub Sediakan Jalur Khusus Pelajar

Blitar, koranmemo.com – Program Pemerintah Kota Blitar memberikan sepeda gratis yang sempat tertunda dan belum terealisasi sampai saat ini lantaran tiga kali gagal dalam proses lelang karena tidak ada rekanan yang mampu menyiapkan ribuan sepeda secara bersamaan.

Tidak hanya instansi yang membawahi pendidikan saja, namun Dinas Perhubungan Kota Blitar juga sudah menyiapkan jalur yang akan digunakan. Misalnya di depan SMPN 1 Kota Blitar dan di depan kompleks SMPN 3 Kota Blitar. Tak hanya itu, Dishub juga menyiapkan sarana prasarana pendukung lain, seperti jalur sepeda sekitar dua meter yang ditandai dengan garis lurus warna putih. Sejumlah rambu-rambu juga sudah terpasang di jalur sepeda.

“Selain jalur sepeda, Dishub juga akan membuat rekayasa lalu lintas dan mengusulkan pengaturan jadwal pemakaian sepeda di tiap sekolah,” ungkap Plt Kepala Dishub Kota Blitar, Priyo Suhartono.

Terpisah, kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar M Sidik mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil dari proses lelang sepeda gratis tersebut. Menurut M Sidik pengadaan sepeda gratis itu sendiri menghabiskan anggaran sekitar Rp 11 miliar. Sepeda gratis itu akan diberikan ke siswa kelas 1 dan kelas 2 SMP.

“Kita sekarang menunggu hasil lelang, dan kami berharap lelang kali ini berhasil,” jelas M Sidik.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan  selain jalur sepeda gratis, Pemkot Blitar juga menyiapkan jadwal penggunaan sepeda gratis. Karena jumlah SMP negeri di Kota Blitar ada sembilan. Dan tidak dimungkinkan jika dari ribuan siswa dari sembilan SMP itu menggunakan sepeda di hari yang sama.

“Dijadwal hari penggunaanya, karena kan tidak mungkin jika dari sembilan sekolah yang jumlah muridnya ribuan menggunakan sepeda di hari yang sama,” pungkasnya.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.